WAYKANAN KEMBALI GELAR PASAR MURAH

id pasar murah, waykanan

     Waykanan, 4/6 (Antara) –  Pemerintah Kabupaten Waykanan, Provinsi Lampung kembali menggelar pasar murah dengan menyiapkan 6.300 kupon di dua tempat yaitu Kampung Bratayudha Kecamatan Blambanganumpu dan Kampung Tanjungrejo Kecamatan Negeriagung. Senin.
     “Tahun 2018 ini kita menggelar di 10 kecamatan di Kabupaten Waykanan, ini guna pemerataan tempat untuk pelaksanaan bazar pasar murah pemda tersebut,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Waykanan, Imanto.
      Menurutnya, tujuan dari pasar murah ini tidak lain semata-mata untuk memberikan pelayanan ke masyarakat, terkhusus agar masyarakat dapat membeli barang-barang kebutuhan pokok dengan harga yang lebih murah, jika dibandingkan dengan harga di pasaran.
     Ia menjelaskan, masyarakat harus bisa mengatur pengeluaran, dipilih mana yang lebih penting. Karena bazar ini diutamakan bahan pokok dengan harga murah, dan telah disubsidi oleh Pemerintah Kabupaten Waykanan.
      Dari dua kampung tersebut total kupon yang dibagikan mrncapai 6.300 lembar yang dibagi menjadi 7 jenis produk sembako yang ditebus dengan harga subsidi.
     Imanto mengharapkan, dengan adanya pasar murah ini bisa meringankan beban masyarakat yang kurang mampu khususnya di Kecamatan Blambanganumpu dan Negeriagung. Serta masyarakat dapat memanfaatkan keberadaan bazar pasar murah ini untuk memenuhi kebutuan pokok menjelang lebaran.
     Sementara itu, Asisten II bidang Ekonomi dan Pembangunan Waykanan Kussarwono, mengatakan kegiatan pasar murah yang dilaksanakan oleh Disperindag ini dapat membantu masyarakat Kabupaten Waykanan untuk mendapatkan barang pokok dengan harga yang lebih murah.
     “Memang seringkali terjadi lonjakan harga menjelang lebaran, apalagi untuk bahan kue dan sembako,” ujar Kussarwono.
     Ia menjelaskan, bazar pasar murah ini tidak hanya di dua kecamatan tersebut, tetapi ada di 10 kecamatan dan masih tersisa enam kecamatan sampai dengan menjelang Lebaran yang belum dilakukan pasar murah.
    Kussarwono mengharapkan, masyarakat bisa memberikan informasi adanya pasar murah ke warga lainnya, agar berbondong – bondong membeli paket sembako yang telah disiapkan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Waykanan.
    Santi, warga Bratayudha mengatakan, bazar pasar murah sangat membantu ibu-ibu rumah tangga.
     Selain itu, harga yang dijual juga sangat murah dan terjangkau khusus untuk gula pasir 2 kilogram dengan harga Rp15 ribu, minyak goreng 2 liter Rp15 ribu dan masih banyak lainnya.
    “Sangat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat dan membatu yang kurang mampu,” katanya.
     Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Waykanan, Provinsi Lampung mempercepat pelaksanaan pasar murah guna memberi kesempatan lebih dini bagi warga untuk membeli barang konsumsi mengingat animo masyarakat cukup tinggi.
     Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Waykanan  Kussarwono di Waykanan,  mengatakan  pelaksanaan pasar murah  dilakukan lebih awal, karena melihat kondisi dari tahun sebelumnya minat masyarakat tetap tinggi .
     "Lebih banyak manfaatnya dipercepat pasar murah tersebut, karena banyak masyarakat yang belum membeli bahan sembako untuk kebutuhaan lebaran, " katanya .
     Ia menjelaskan, untuk kali pertama penyelenggaraan pasar murah sudah dilakukan di  Kampung serdangkuring, Kecamatan Kecamatan Bahuga. pada Senin, (30/5).
    " Kami telah lakukan di Kecamatan Bahuga, dan masih ada 9 kecamatan lagi yang akan di adakan pasar pasar murah tersebut," kata dia.
      Selain itu, di Kecamatan Bahuga, Pemerintab Kabupaten Waykanan telah menyiapkan 3.050 kupon yang masing ¿ masing masyatakat  mendapatkan 8 kupon yang ditebus dengan harga murah dan di berikan subsidi oleh pemkab setempat.

***3***
(EM*T013)