Kapolda harapkan dukungan masyarakat berantas terorisme

id kapolda lampung,irjen pol suntana, kapolda kunker di wayka,cegah teroris

Kapolda harapkan dukungan masyarakat berantas terorisme

Kapolda Lampung Irjen Suntana saat memberikan sambutan pada acara safari ramadhan 1439 H di Polres Waykanan. Jumat (25/5) (Foto: Antaralampung.com/Emir Fajar Saputra)

Ajak bersama-sama bhabinkamtibmas, babinsa dan kepala kampung untuk patroli bersama demi menjaga keamanan kampung
Waykanan  (Antaranews Lampung) - Kapolda Lampung Irjen Pol Suntana mengharapkan dukungan masyarakat untuk dapat memberantas terorisme di Provinsi Lampung serta agar tidak memberikan ruang gerak mereka untuk bisa merusak sendi-sendi bermasyarakat dengan cara-cara yang bisa memecah belah umat beragama.

`Ajak bersama-sama bhabinkamtibmas, babinsa dan kepala kampung untuk patroli bersama demi menjaga keamanan kampung," katanya, di Waykanan, Jumat (25/5). 

Selain itu, ia pun memerintahkan Kapolres Waykanan untuk bisa menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Kabupaten Waykanan.

"Kapolres dan anggota bisa lebih memperhatikan masyarakat sekitar, bila warga melihat ada yang mencurigakan untuk segera dilaporkan ke pihak berwajib untuk di minta keterangan," ujar Kapolda Lampung Irjen Suntana, di Aula Mapolres Waykanan.

Selain itu, ia mengajak para tokoh agama dan tokoh masyarakat agar dapat memperhatikan kondisi sekitar khusus para warganya, bila ada kegiatan yang di luar dari akal sehat untuk segera ditegur dan diberikan pengertian.

"Semoga di Waykanan ini tidak ada tindakan-tindakan seperti yang di luar Lampung. Dan semoga di Waykanan dapat lebih aman, nyaman dan tenteram bagi masyarakat," ucapnya, berharap.

Kapolda Lampung itu pun memerintahkan kapolres setempat harus bisa menjaga keamanan masyarakat dengan meningkatkan pengamanan pada malam hari untuk mengurangi angka pencurian, kekerasan, begal dan pencurian rumah kosong dan lainnya.

Sementara itu, Komandan Korem 043 Garuda Hitam Kolonel Kav Erwin Djatniko yang juga berkunjung ke Kabupaten Waykanan, menginstruksikan kepada Dandim 0427 Waykanan, agar bisa menambah personel di pintu masuk gerbang Makodim setempat, menutup pintu masuk ke asrama, dan meningkatkan patroli ke lapangan.

"Kita harus bisa menutup pergerakannya sesempit mungkin, jangan sampai terjadi ke lampung khususnya di wilayah Kabupaten Waykanan," ujar Kolonel Kav Erwin Djatniko, Jumat di aula Kodim 0427 WK.

Menurutnya, semua pergerakan teroris harus ditutup khusus di wilayah Kabupaten Waykanan, seperti pengamanan harus lebih ditingkatkan lagi penambahan anggota piket, penambahaan anggota patroli, menjaga wilayah-wilayah yang rawan dan terus membina masyarakat agar bisa lebih baik.

Selain itu, pintu massuk di wilayah Markas Kodim 0427 Waykanan hanya boleh di satu pintu selainnya harus ditutup, bahkan bila ada jamaah yang ingin melangsungkan ibadah shalat pintu-pintu tersebut harus dijaga oleh para anggota.

"Dengan penjagaan yang ketat ini, kita bisa menghentikan tindakan teroris di Kodim 0427 Waykanan. Karena saat ini yang sedang diincar yaitu TNI dan Polri, jadi kita harus lebih berhati-hati," katanya.

Danrem 043 Gatam itu mengharapkan agar TNI membantu Pemerintah Kabupaten Waykanan dan Polres Waykanan untuk bisa memberikan rasa amaan, nyaman dan tenteram bagi masyarakat.