Cegah kriminalitas Polres dan Kodim Waykanan patroli bersama

id patroli bersama, polres dan kodim waykanan,cegah kriminalitas

Jajaran Polres dan Kodim 0427 Waykanan menggelar patroli bersama guna memberikan rasa aman kepada masyarakat (FOTO: Istimewa)

Kita harus memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat
Waykanan, Lampung (Antaranews Lampung)  Guna memberikan rasa aman kepada masyarakat, agar tidak ada terjadinya begal dan perampokan rumah oleh oknum yang sering berkeliaran pada malam hari jajaran Polres Waykanan dan Kodim 0427 Waykanan, Provinsi Lampung melakukan patroli bersama

"Kita harus memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat," kata  Wakapolres Waykanan Kompol Vicky Dzulkarnain di Waykanan, Minggu (20/5)

Menurutnya, dengan adanya patroli keliling ini dapat melakukan kontrol lokasi dan melihat kondisi sekitar apakah aman atau tidak. Bila ada orang yang dicurigai akan langsung diperiksa oleh para anggota.

Patroli bersama ini dilakukan di sekitar Kecamatan Blambanganumpu dimulai dari Komplek Perkantoran Pemkab Waykanan, Stasiun KAI Blambanganumpu, melewati Kampung Guntur, Tugu Simpang 5 (Sp.Pule) Blambanganumpu dan berkumpul di Tugu Simpang 5 (Sp.Pule) pada Sabtu (19/5) malam.

Patroli ini akan lebih ditingkatkan mengingat sering terjadinya tindak pidana kekerasan, pembobolan rumah dan lainnya. Semoga patroli ini bisa dapat lebih nyaman bagi masyarakat saat melakukan aktivitas di luar rumah pada malam hari,  katanya.

Vicky menjelaskan selain melakukan patroli bersama, para petugas melakukan saur bersama di halaman parkir Kodim 0427 Wk bersama anggota TNI dan Polri yang bertugas.

Sebelumnya, Polres Waykanan pun menggelar silahturahim Kamtibmas dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dalam rangka mengantisioasi terorisme, radikalisme, intoleransi dan permasalahan sosial di daerah itu.

"Kegiatan ini sangat bagus apalagi saat ini sedang terjadi akis teroris di berbagai daerah seperti Surabaya dan yang terbaru Provinsi Riau. Dengan adanya pertemuan FKUB ini bisa saling jaga dan saling menghormati satu sama lainnya," kata Kapolres Waykanan AKBP Doni Wahyudi .

Menurutnya, dengan kegiatan tersebut mengajak bersama-sama memerangi terorisme di Indonesia umumnya dan di Kabupaten Waykanan khususnya.

Selain itu, mengingat kejadian terorisme yang sedang hangat diperbincangkan di media, baik itu di Mako Brimob, tiga gereja di Surabaya maupun di Polresta Surabaya, dan terakhir di Polda Riau, semua harus menjaga bersama keutuhan, persatuan dan kesatuan bangsa.

Masyarakat juga tidak mudah terprovokasi isu yang beredar di media, jangan mudah terpengaruh akan faham-faham yang bertujuan memecah belah NKRI, harus ada kepedulian antara umat beragama dan seluruh masyarakat.

Kegiatan diskusi silahturahim Kamtibmas ini membahas tentang masyarakat jangan begitu mudah tersulut terhadap isu yang berbau SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), khususnya isu yang mengatasnamakan agama yang dapat mengganggu kerukunan antarumat beragama.

Sekretaris Daerah Kabupaten Waykanan, Saipul mengatakan kegiatan ini sangat penting dan dapat menjaga silahturahim.

Ia menjelaskan, pentingnya kerukunan antarumat beragama, karena sudah terlalu banyak benih terorisme di Indonesia yang muncul.

"Mari kita bersama mencari cara mencegah penyebaran terorisme di Indonesia," ujar dia.

Dandim 0427/Waykanan Letkol Inf. Uchi Cambayong menambahkan dalam FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama), diharapkan masyarakat bisa menerima segala bentuk perbedaan, dan juga hidup berdampingan secara damai. Nilai-nilai kemanusiaan akan lebih diutamakan daripada mempertentangkan perbedaan ideologi atau perbedaan keyakinan.

Toleransi antar sesama umat akan bernilai tinggi dan tidak akan mudah menghujat paham. Karena pada substansinya semua agama mengajarkan tentang kebaikan dan moral universal.
Pewarta :
Editor: Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar