AS tuntut Korut kirim rudal dan nuklir keluar negaranya

id rudal Korut, nuklir. denuklirisasi Korea

Rudal antarbenua jarak menengah Korea Utara, KN-08, tampak dalam parade militer (Reuters/businessinsider.co.id)

Tokyo (Antara/Reuters) - Amerika Serikat menuntut Korea Utara mengirimkan hulu ledak nuklir, peluru kendali balistik antar-benua (ICBM) dan bahan nuklir lain ke luar negaranya dalam enam bulan, kata "Asahi", Kamis, mengutip beberapa sumber.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo juga tampak telah memberi tahu pemimpin Korut Kim Jong-un, ketika mereka bertemu pada awal bulan ini, bahwa Washington kemungkinan mencabut Pyongyang dari daftar pendukung negara terorisme jika kapal Korut mengirimkan barang nuklir itu, kata "Asahi".

Jika Pyongyang setuju memenuhi pelucutan nuklir terpastikan dan tidak berubah pada pertemuan puncak, yang direncanakan dengan Amerika Serikat pada 12 Juni, Washington  mempertimbangkan memberikan jaminan untuk penguasa Kim dan menyertakan sikap itu dalam pernyataan bersama oleh kedua pemimpin tersebut, kata surat kabar tersebut.

Korut meragukan pertemuan puncak pada bulan depan itu, yang belum pernah terjadi antara Kim Jong-un dengan Presiden AS Donald Trump.

Kim mengutuk pelatihan militer AS-Korsel sebagai tindakan provokasi dan membatalkan pembicaraan tingkat tinggi dengan Seoul pada Rabu.

Penerjemah : Devi/B. Soekapdjo

 
Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar