Polres Waykanan gelar silaturahmi kamtibmas dengan FKUB

id polres waykan ,silaturahmi dengan fkub, tangkal teroris

Polres Waykanan gelar silaturahmi kamtibmas dengan FKUB

Polres Waykanan menggelar silahturahim Kamtibmas dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dalam rangka mengantisioasi terorisme, radikalisme, intoleransi dan permasalahan sosial di Kabupaten Waykanan, Rabu (16/5) (Foto: Antaralampung.com/Emir Fajar Saputra)

Ayo bersama-sama kita cegah adaanya teroris di Kabupaten Waykanan, yang dapat meresahkan dan memecah belah umat beragama,
Waykanan (Antaranews Lampung) - Polres Waykanan, Provinsi Lampung menggelar silahturahim Kamtibmas dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dalam rangka mengantisipasi terorisme, radikalisme, intoleransi dan permasalahan sosial di daerah itu.

"Kegiatan ini sangat bagus apalagi saat ini sedang terjadi akis teroris di berbagai daerah seperti Surabaya dan yang terbaru Provinsi Riau. Dengan adanya pertemuan FKUB ini bisa saling jaga dan saling menghormati satu sama lainnya," kata Kapolres Waykanan AKBP Doni Wahyudi di Waykanan, Rabu (16/5).

Menurutnya, dengan kegiatan tersebut mengajak bersama-sama memerangi terorisme di Indonesia umumnya dan di Kabupaten Waykanan khususnya.

Selain itu, mengingat kejadian terorisme yang sedang hangat diperbincangkan di media, baik itu di Mako Brimob, tiga gereja di Surabaya maupun di Polresta Surabaya, dan terakhir di Polda Riau, semua harus menjaga bersama keutuhan, persatuan dan kesatuan bangsa.

Masyarakat juga tidak mudah terprovokasi isu yang beredar di media, jangan mudah terpengaruh akan faham-faham yang bertujuan memecah belah NKRI, harus ada kepedulian antara umat beragama dan seluruh masyarakat.

Kegiatan diskusi silahturahim Kamtibmas ini membahas tentang masyarakat jangan begitu mudah tersulut terhadap isu yang berbau SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), khususnya isu yang mengatasnamakan agama yang dapat mengganggu kerukunan antarumat beragama.

"Semoga dengan pertemuan ini kita semua bisa bersama-sama menjaga kerukunan umat beragama di Kabupaten Waykanan dan mengajak seluruh masyarakat mengantisipasi adanya terorisme di Waykanan," katanya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Waykanan, Saipul mengatakan kegiatan ini sangat penting dan dapat menjaga silahturahim.

Ia menjelaskan, pentingnya kerukunan antarumat beragama, karena sudah terlalu banyak benih terorisme di Indonesia yang muncul.

"Mari kita bersama mencari cara mencegah penyebaran terorisme di Indonesia," ujar dia.

Saipul menerangkan, masyarakat sangat mengharapkan Bhabinkamtibmas dapat memberikan rasa aman di kampung binaannya, sehingga masyarakat dapat melaksanakan aktivitas sehari-hari dengan tenang.

"Ayo bersama-sama kita cegah adaanya teroris di Kabupaten Waykanan, yang dapat meresahkan dan memecah belah umat beragama," kata dia.

Dandim 0427/Waykanan Letkol Inf. Uchi Cambayong menambahkan dalam FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama), diharapkan masyarakat bisa menerima segala bentuk perbedaan, dan juga hidup berdampingan secara damai. Nilai-nilai kemanusiaan akan lebih diutamakan daripada mempertentangkan perbedaan ideologi atau perbedaan keyakinan.

Toleransi antar sesama umat akan bernilai tinggi dan tidak akan mudah menghujat paham. Karena pada substansinya semua agama mengajarkan tentang kebaikan dan moral universal.