Bupati harap insan pers tidak tabu dikritik

id kadis kominfo lamtim, hasbi azka, pengukuhan iwo lamtim

Bupati harap insan pers tidak tabu dikritik

Kadis Komunikasi dan Informasi Lampung Timur, Hasbi Azka saat memberikan sambutan pada acara pengukuhan pengurus Ikatan wartawan Online (IWO) Lampung Timur, Rabu (8/5) (Foto: Antaralampung.com/Muklasin)

Profesi wartawan yang mulia dan terhormat ini jangan sampai dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak profesional, oleh orang-orang yang mengaku wartawan tapi sebenarnya tidak bisa menulis secara benar dan hanya untuk mencari keuntungan pribadi, ujarn
Lampung Timur (Antaranews Lampung) - Pelaksana Tugas Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari berharap insan pers tidak tabu jika dikritik terutama terkait dengan tugas dan hasil karya jurnalistiknya.

"Pihak pers jangan tabu jika dikritik, dan dalam melaksakan tugas jurnalistiknya harus sesuai aturan yang berlaku dan patuh pada kode etik jurnalistik," kata Bupati dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Kominfo Lampung Timur, Hasbi Azka pada pelantikan Pengurus Ikatan Wartawan Online (IWO) Lampung Timur, Rabu (8/5).

Zaiful yang juga Ketua KONI Lampung Timur ini pun berharap pertumbuhan penerbitan pers hendaknya diimbangi dengan kualitas wartawan sehingga dapat bekerja secara profesional karena profesi tersebut adalah pekerjaan yang memerlukan keahlian khusus.

"Profesi wartawan yang mulia dan terhormat ini jangan sampai dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak profesional, oleh orang-orang yang mengaku wartawan tapi sebenarnya tidak bisa menulis secara benar dan hanya untuk mencari keuntungan pribadi," ujarnya.

Zaiful menegaskan bahwa Pemkab Lampung Timur dan jajaran terbuka terhadap pers dan membuka diri tentang kebebasan informasi sepanjang informasi yang diminta tidak bersifat rahasia.

Ia juga menyatakan jajarannya tidak anti kritik terhadap media.

"Kami juga tidak anti kritik namun kritikan harus konstruktif, mendidik dan membangun," kata Bupati.

Sementara itu, Ketua Pengurus Pusat IWO Jodhi Yudono dalam sambutannya yang disampaikan Ketua Bidang Hukum dan Advokasi Ibnu Mazjah berharap pelantikan IWO Lampung Timur bisa menambah semangat, wawasan dan hal-hal baik lainnya bagi anggotanya dalam mengemban tugas dan fungsinya.

Jodhi meminta wartawan sebagai warga negara dalam melaksanakan tugasnya harus dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat dan profesi.

Pengurus IWO Lampung Timur telah resmi dilantik. Prosesi puncak pelantikan yang dilaksanakan di Sekretariat IWO ditandai dengan pembacaan SK DPP IWO tentang Kepengurusan IWO Lampung Timur masa bakti 2017-2022 oleh Ketua IWO Provinsi Lampung Wawan Sumarwan.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan Ikrar IWO dan penyerahan SK dari Bendahara PP IWO Dwi Christianto kepada Ketua IWO Lampung Timur Edi Arsadad.


 
Pewarta :
Editor : Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2022