Prajurit TNI unjuk kebolehan di hadapan Sultan Brunei

id unjuk kebolehan,sultan brunei,prajurit unjuk kebolehan,hassanal bolkiah

Prajurit TNI unjuk kebolehan di hadapan Sultan Brunei

Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah yang berkunjung ke Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Kamis (3/5). Sultan Brunei disuguhi keterampilan personil TNI. (FOTO: ANTARA/Wahyu Putro A)

Para prajurit TNI juga melakukan atraksi meminum darah ular kobra. Prajurit Kopassus dan Marinir secara bergantian mematahkan plat besi yang ditumpuk
Jakarta (Antaranews Lampung) - Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah didampingi Presiden Joko Widodo menyaksikan unjuk kebolehan prajurit Komando Pasukan Khusus (Kopassus) dan Korps Marinir dengan melakukan berbagai atraksi bela diri saat berkunjung di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis sore (3/5).

Diwarnai hujan yang cukup deras di Lapangan Plaza Mabes TNI, pasukan elit TNI Angkatan Darat dan TNI Angkatan Laut itu melakukan atraksi bela diri pencak silat dan Yong Moodo.

Mereka membuat decak kagum Sultan Brunei Darussalam dan Presiden Jokowi yang mengenakan baju loreng. Presiden Jokowi mengenakan pakaian loreng hijau dengan baret berwarna hitam dengan logo Mabes TNI dan berpin garuda, sementara Sultan Brunei mengenakan baret berwarna merah milik Kopassus dengan bintang lima.

Di hadapan Presiden Jokowi,  Sultan Brunei dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, para prajurit TNI juga melakukan atraksi meminum darah ular kobra. Prajurit Kopassus dan Marinir secara bergantian mematahkan plat besi yang ditumpuk.

Yang lebih mengagumkan lagi,  dua orang prajurit Kopassus memecahkan 52 batu habel dengan menggunakan satu tangan hingga terbelah menjadi dua bagian. Semua orang yang berada di dalam tenda pun bertepuk tangan dengan riuh.

Setelah melihat penampilan prajurit yang melakukan atraksi bela diri,  Mabes TNI juga menyuguhkan atraksi pembebasan sandera.  Dengan menggunakan dua helikopter, sejumlah prajurit turun dengan menggunakan tali dengan ketinggian sekitar 10 meter.

Setelah itu, pasukan intai tempur dengan menggunakan dua unit mobil mengejar satu mobil yang diduga membawa sandera. Mereka menghadang satu mobil yang ditumpangi tiga orang pelaku yang membawa senjata api.

Dengan kecepatan tiga ekor anjing pelacak dan personil intai tempur,  tiga orang pelaku berhasil dilumpuhkan dan satu orang sandera berhasil diselamatkan.

Usai melihat atraksi para prajurit TNI itu, Sultan Brunei juga melihat pameran beberapa industri pertahanan, seperti PT Pindad. Sultan Brunei juga melihat beberapa kendaraan taktis buatan PT Pindad, seperti Panser Anoa dan Panser Komodo.

Direncanakan, Sultan Brunei bersama Presiden Jokowi melakukan olahraga bulu tangkis di GOR Ahmad Yani.

Hadir dalam kesempatan itu, Menko Polhukam Wiranto, Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Mensesneg Pratikno, Menseskab Pramono Anung dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.