Kembangkan kawasan pelabuhan PT LJU-PT Pelindo jalin kesepahaman

id pemprov-lju mou dngn pelindo, taufik hidayat,plt asbid ekbang, pemprov lampung

Kembangkan kawasan pelabuhan PT LJU-PT Pelindo jalin kesepahaman

Pemerintah Provinsi Lampung melalui BUMD PT. Lampung Jasa Utama (LJU) dan PT. Pelabuhan Indonesia II (IPC) Cabang Panjang menandatangani kesepakatan kerjasama pengembangan kawasan dan jasa kepelabuhan, di Kantor IPC Cabang Panjang, Selasa (24/4). (Foto: Humas Pemprov Lampung)

MoU tersebut bertujuan menangkap peluang-peluang bisnis yang bisa dikerjasamakan antara IPC dengan Pemprov Lampung
Bandarlampung (Antaranews Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung melalui Badan Usaha Milik Daerah PT Lampung Jasa Utama (LJU) dan PT Pelabuhan Indonesia II (IPC) Cabang Panjang melakukan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding) untuk kerja sama pengembangan kawasan dan jasa kepelabuhan.

"MoU tersebut bertujuan menangkap peluang-peluang bisnis yang bisa dikerjasamakan antara IPC dengan Pemprov Lampung," kata Pelaksana Tugas Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Provinsi Lampung, Taufik Hidayat di Kantor IPC Cabang Panjang, Bandarlampung, Selasa (24/4).

Ia menyebutkan, MoU ini juga sebagai bentuk kerja sama BUMD milik Pemprov Lampung dalam kegiatan yang bisa dikembangkan di kawasan sekitar Pelabuhan Panjang termasuk Pelabuhan Sebalang.

Ia berharap, usai adanya nota kesepahaman, PT LJU dapat ikut serta dalam kegiatan operasional di Pelabuhan Sebalang.?

"Nanti diharapkan PT LJU bisa ikut serta nantinya dalam kegiatan operasional di Pelabuhan Sebalang. Selain itu pemprov juga berencana melakukan dorongan dan dukungan dalam bentuk infrastruktur jalan dan fasilitas untuk menunjang keberadaan PT LJU di Pelabuhan Sebalang," ujar Taufik.

Taufik juga menjelaskan Pemprov Lampung akan melakukan kerja sama terkait pengembangan konektivitas antara Pelabuhan Panjang dengan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

"Mungkin kerja sama itu bisa berkaitan dengan distribusi barang yakni melalui pelabuhan yang terkoneksi dengan JTTS," ucapnya.

Sementara itu, General Manager IPC Cabang Panjang Drajat Sulistyo mengatakan MoU tersebut merupakan bentuk sinergitas antara IPC selaku operator pelabuhan yang ada di Panjang dengan Pemprov Lampung.

"Ini adalah bentuk perwujudan kerja sama antara Pemprov Lampung dengan IPC. Ke depannya, tidak hanya sebagai bentuk MoU tetapi akan kita tindaklanjuti. Salah satunya adalah bagaimana memperlancar logistik yang ada di Provinsi Lampung," ujarnya.

Dalam memperlancar logistik, lanjutnya, dibutuhkannya kelancaran dari laju operasional. "Dengan memperlancar operasionalisasi pelabuhan kita harapkan sinergitas ini akan mendongkrak logistik yang ada di Provinsi Lampung dan berdampak pada perekonomian yang ada di daerah setempat," katanya.

Selain operasional, konektivitas juga sangat dibutuhkan dalam memperlancar logistik.

"Operasional pelabuhan kita benahi dan konektivitas ke pelabuhan juga kita benahi termasuk dengan Pelabuhan Sebalang. Ini peran serta pelabuhan, karena semua bisnis muaranya ada di pelabuhan. Kita akan menumbuhkan bisnis yang ada di Provinsi Lampung dengan memperlancar kegiatan ini," tambahnya.