Korsel segera serahkan kapal selam pesanan Indonesia

id kapal selam, TNI AL pesan kapal selam,Korsel

Korsel segera serahkan kapal selam pesanan Indonesia

Kapal selam kelas Chang Bogo mampu membawa awak 33 orang. (US Navy/naval-technology.com)

Seoul  (Antaranews Lampung) - Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu akan menghadiri upacara penyerahan kapal selam KRI Ardadedali-404 di galangan kapal Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME), Okpo, Korea Selatan, Rabu (25/4) esok.

Menhan didampingi istri, Nora Ryamizard Ryacudu, Dirjen Perencanaan Pertahanan Tata Endrataka, Dirjen Potensi Pertahanan Bondan Tiara Sofyan dan Kepala Badan Sarana Pertahanan Kemenhan Agus Setiadji telah sampai di Seoul, Selasa.

Dalam upacara penyerahan kapal selam KRI Ardadedali-404 esok, akan dilakukan penamaan kapal serta pemecahan kendi oleh istri Menhan, Nora Ryamizard Ryacudu.

Selain itu, akan dilakukan pengukuhan komandan KRI Ardadedali-404 serta peninjauan langsung KRI Ardadedali-404.

Ada pun satu dari tiga kapal selam pesanan TNI Angkatan Laut yang dibuat oleh DSME akan dikirim dari Korea Selatan esok 25 April 2018.

Sementara itu, kapal selam pertama yang dinamakan KRI Nagapasa-403 telah tiba di Tanah Air pada Agustus 2017, dan satu lagi kapal selam sedang dirakit di PT PAL Indonesia, Surabaya, Jawa Timur.

Berdasarkan kontrak pengadaan kapal selam DSME 209 antara Kementerian Pertahanan RI dengan pihak DSME, pembangunan tiga unit kapal selam dimulai sejak Januari 2013.

Kapal tersebut masing-masing memiliki bobot 1.400 ton, panjang 61,3 meter dan lebar 7,6 meter dengan kecepatan 21 knot di bawah air.

Kapal dengan kapasitas 40 personel dan bisa berlayar lebih dari 50 hari itu dilengkapi peluncur torpedo yang mampu meluncurkan torpedo 533 mm dan peluru kendali anti kapal permukaan yang merupakan modernisasi armada kapal selam TNI AL.