Napoli gilas Juventus, perebutan juara makin ketat

id Liga Italia, Napoli, Juventus, Napoli gilas Juventus

Napoli gilas Juventus, perebutan juara makin ketat

Paulo Dybala, penyerang Juventus. ( MARCO BERTORELLO / AFP)

Milan (Antara/Reuters) - Tim peringkat kedua Napoli membuat persaingan perebutan gelar juara Liga Italia tetap terbuka pada Minggu, ketika Kalidou Koulibaly mencetak gol melalui sundulan kepala pada menit terakhir untuk membawa mereka menang 1-0 di markas tim pemuncak klasemen Juventus.

Napoli memangkas selisih antara mereka sendiri dengan klub Turin itu menjadi hanya satu poin dengan empat pertandingan tersisa untuk dimainkan, membuat musim Liga Italia akan menjalani akhir dramatis.

Juventus, yang mengejar gelar beruntun ketujuhnya, masih menghadapi pertandingan tandang yang berat di markas Inter Milan dan AS Roma.

 Napoli mendominasi permainan namun terlihat kehabisan ide dan energi sampai menit terakhir ketika Jose Callejon mengirimkan tendangan sudut yang disambut pemain internasional Senegal tersebut dengan sundulan kepala, yang tidak dapat diantisipasi Gianluigi Buffon.

 Juventus, yang kerap meraih kemenangan dari situasi-situasi serupa, tertunduk saat para pemain Napoli merayakan kemenangan ini.

Juventus harus merombak pertahanan mereka setelah Giorgio Chiellini ditarik keluar lapangan pada menit ke-11 meski mereka sempat terlihat hampir unggul melalui tendangan bebas Miralem Pjanic yang terdefleksi ke tiang gawang.

Ketika Napoli mengendalikan permainan, Marek Hamsik berada dalam posisi bebas dan melepaskan tembakan melintasi mulut gawang, Mario Rui mengirim umpan silang yang ditepis Buffon dan Lorenzo Insigne mencetak gol yang tidak disahkan karena offside.   
   
Napoli terus mendominasi setelah turun minum namun gagal untuk menembus pertahanan rapat Juve.

Pertandingan ini terlihat akan berakhir imbang, yang akan menguntungkan bagi Juventus, sampai tembakan Lorenzo Insigne dibelokkan Buffon untuk menjadi tendangan sudut yang menentukan.

Setelah semua permainan operan cantik mereka, justru sundulan kepala dari bek tengah yang akhirnya mematahkan pertahanan Juve.

Juventus memimpin dengan 85 poin, sedangkan Napoli memiliki 84 poin, disusul AS Roma dan Lazio dengan 67 poin.