KA ekonomi premium Tanjungkarang-Baturaja segera dioperasikan

id franoto wibowo

KA ekonomi premium Tanjungkarang-Baturaja segera dioperasikan

Manajer Humas PT KAI Divre IV Tanjungkarang, Franoto Wibowo (Foto: Antara Lampung/Agus Wira Sukarta)

Kami masih menunggu penyelesaian pembangunan rel ganda antara Stasiun Baturaja dan Prabumulih, Sumatera Selatan yang diperkirakan selesai pada Mei 2018. Setelah selesai baru dioperasikan, kata Franoto
Bandarlampung (Antaranews Lampung) - PT Kereta Api Indonesia akan segera mengoperasikan kereta api ekonomi premium yang melayani rute Stasiun Tanjungkarang, Bandarlampung menuju Stasiun Baturaja, Sumatera Selatan dan sebaliknya.

"Kami masih menunggu penyelesaian pembangunan rel ganda antara Stasiun Baturaja dan Prabumulih, Sumatera Selatan yang diperkirakan selesai pada Mei 2018. Setelah selesai baru dioperasikan," kata Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional IV, Tanjungkarang, Lampung, Franoto Wibowo di Bandarlampung, Jumat.

Ia mengatakan KA ekonomi premium sebelumnya telah dilakukan uji coba perjalanan dari Stasiun KA Tanjungkarang menuju Stasiun KA Kotabumi, Lampung Utara, Lampung.

Menurutnya, transportasi kereta api tersebut nantinya juga akan digunakan untuk angkutan Lebaran 2018, untuk menambah layanan kereta api yang ada yakni KA Sriwijaya dan KA ekonomi Rajabasa.

KA ekonomi premium tersebut, lanjutnya, terdiri dari 10 gerbong dan satu gerbong kereta makan pembangkit. Fasilitas di KA ekonomi premium jauh lebih baik dibadingkan dengan KA ekonomi lainnya.

Sebanyak 10 gerbong itu terdiri atas delapan gerbong berisi penumpang sebanyak 80 orang, sedangkan dua gerbong berisi 64 orang, dilengkapi fasilitas pendingin udara serta beberapa televisi layar datar.

"Terdapat tiga televisi layar datar tiap gerbongnya. Selain itu, di KA ekonomi premium tersebut juga terdapat tempat duduk khusus bagi penyandang disabilitas," kata Franoto.



Terkait harga tiket KA premium, Manager Humas PT KAI Divre IV itu mengatakan hingga sekarang belum ada keputusan mengenai harga tiketnya. "Nanti saat mendekati pengoperasian harga tiket baru diumumkan," ujarnya.

Sementara itu, warga Bandarlampung mengharapkan PT KAI segera mengoperasikan kereta api premium tersebut untuk melayani penumpang rute Tanjungkarang, Lampung-Baturaja, Sumatera Selatan.

"Saya berharap kereta api premium dapat segera dioperasikan untuk melayani penumpang terutama untuk angkutan lebaran mendatang," kata Agung warga Bandarlampung.

Berdasarkan pemberitaan dari media, lanjutnya, KA premium tersebut cukup nyaman dengan dilengkapi sejumlah fasilitas layaknya kereta kelas bisnis atau eksekutif.

"Untuk harga tiket jangan terlalu mahal atau tidak beda jauh dengan tiket Kereta ekonomi Rajabasa rute Tanjungkarang, Bandarlampung-Stasiun KA kertapati, yakni Rp32.000 per orang," tambahnya.