Taiwan kecam China yang lakukan intimidasi

id China dan Taiwan, Latihan AL China, Konflik China dan Taiwan

Pesawat tempur China Shenyang J-11B (wikipedia.org)

Beijing (Antara/Reuters) - Taiwan pada hari Rabu mengecam latihan militer China, dengan mengatakan Beijing menggunakan "intimidasi verbal murahan dan ancaman perang" untuk mengancam pulau itu.
        
Taiwan adalah salah satu masalah paling sensitif di China dan potensi titik api militer. China telah meningkatkan latihan militer di Taiwan pada tahun lalu, termasuk pembom yang terbang di sekitar pulau itu, demikian laporan Reuters yang dikutip Antara, Kamis.
        
Gerakan-gerakan militer China terakhir terjadi pada saat ketegangan yang meningkat antara Beijing dan Taipei, serta menyusul peringatan keras oleh Presiden China Xi Jinping terhadap separatisme Taiwan bulan lalu.
        
China mengklaim Taiwan yang berpaham demokratis sebagai bagiannya dan menganggap pulau itu sebagai provinsi yang memisahkan diri.
        
Permusuhan China terhadap Taiwan telah berkembang sejak Tsai Ing-wen dari Partai Progresif Demokrat yang pro-kemerdekaan, memenangi pemilihan presiden di pulau itu pada tahun 2016.
        
China khawatir dia ingin mendorong kemerdekaan resmi pulau itu. Namun Tsai mengatakan dia berkomitmen untuk perdamaian dan mempertahankan status quo di Selat Taiwan, tetapi akan tetap membela keamanan Taiwan.
        
Mengesampingkan ketegangan dengan China, Tsai memulai kunjungan ke negara Swaziland di Afrika selatan pada Rabu, salah satu dari 20 negara yang masih mempertahankan hubungan diplomatik formal dengan Taiwan.

Penerjemah : Roy/A Ahdiat

    

 
Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar