China gelar latihan menembak di Selat Taiwan yang sensitif

id Latihan perang China, Taiwan dan China,Konflik China dan Taiwan

Satu pesawat militer China Y-8 (Kementerian Pertahanan Jepang/Reuters)

Beijing (Antara/Reuters) - Militer China telah melakukan latihan tembak-menembak di sepanjang garis pantai tenggara yang berbatasan dengan Selat Taiwan, tetapi tidak jelas apakah kegiatan tersebut merupakan latihan yang sama di Selat Taiwan yang sensitif.

        
Pemerintah China mengatakan bahwa latihan itu akan dilakukan pada Rabu di kota Quanzhou China, di antara dua kepulauan yang dekat dengan pantai China tetapi masuk dalam wilayah yang dikendalikan Taiwan sejak 1949, ketika pasukan Nasionalis melarikan diri ke Taiwan pada akhir perang sipil China.

        
Media pemerintah China mengatakan, latihan itu merupakan tanggapan langsung terhadap "provokasi" oleh para pemimpin Taiwan terkait dengan ancaman dorongan kemerdekaan resmi Taiwan. China mengklaim Taiwan sebagai bagian wilayahnya.

        
Pada Rabu malam, televisi pemerintah China menunjukkan rekaman helikopter yang menembakkan rudal selama latihan yang berlangsung di pantai tenggara China.

        
Latihan itu berlangsung mulai pukul 08.00 waktu setempat hingga tengah malam, memberikan jangka waktu yang sama untuk latihan yang diumumkan sebelumnya di Selat Taiwan.

        
Kementerian Pertahanan China tidak segera menanggapi permintaan komentar tentang latihan dan apakah latihan tersebut menjadi bagian dari yang sebelumnya dilaporkan juga terjadi di Selat Taiwan.


Penerjemah : Roy/A Ahdiat
Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar