Ungkap skandal "Dieselgate", markas Porshe-Audi digeledah

id Dieselgate,skandal diesel Porche-Audi,mobil,harga mobil Indonesia

Kantor Audi diperiksa untuk investigasi kasus Dieselgate (Reuters)

Berlin, Jerman (Antara/Xinhua-OANA) - Jaksa negara bagian Jerman dan polisi regional telah menggeledah beberapa kompleks yang berhubungan dengan pabrik pembuat mobil Porsche dan Audi berkaitan dengan "skandal dieselgate", yang sedang berlangsung, kata juru bicara Kantor Jaksa Negara Bagian Stutgart.
        
Juru bicara tersebut mengatakan pada Rabu (18/4) kepada media Porsche, yang berpusat di Stuttgart, dan Audi --yang bermarkas di Ingolstadt-- diperiksa untuk mengetahui apakah ada potensi pelanggaran pidana berupa pengelapan dan pemasangan iklan secara gelap sehubungan dengan praktek penipuan pembuangan diesel. Tiga pegawai Porsche, termasuk seorang anggota dewan managemen, secara resmi telah dimasukkan ke dalam daftar tersangka dalam kasus itu oleh pihak kehakiman Jerman.
        
Saat menanggapi peristiwa pada Rabu tersebut, seorang juru bicara Porsche mengatakan para penyelidik telah memeriksa dan mengamankan dokumen di kompleks perusahaan itu.
        
Porsche dan Audi, keduanya adalah anak perusahaan kelompok Volkswagen, yang lebih luas dan berpusat di Wolfsburg, menjadi sasaran penyelidikan gabungan oleh jaksa negara bagian dalam "skandal dieselgate", kata Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Kamis pagi. Juru bicara tersebut mengatakan kedua perusahaan itu sepenuhnya bekerjasama dengan pihak berwenang.
        
Sebanyak 30 jaksa negara bagian, serta 160 petugas telah bergabung untuk mengungkap potensi keterlibatan Porsche dan Audi dalam pemasangan perangkat lunak ilegal --yang mengecilkan tingkat buangan nitrogen oksida (Nox) yang dihasilkan oleh kendaraan diesel termasuk "Cayenne" keluaran Porsche.
        
Audi bertanggung jawab karena memproduksi motor diesel besar enam-silinder untuk Porsche yang digunakan dalam merek SUV "Cayenne".
        
Kantor Kejaksaan Negara Bagian Stuttgart menyatakan kompleks Audi di Ingolstadt dan Neckarsulm juga diperiksa, tapi tidak memberi informasi tambahan kepada pers. Seorang juru bicara cuma mengatakan para penyelidik berusaha memperoleh lebih banyak bukri untuk membantu penyelidikan yang sedang berlangsung.
        
Porsche secara sukarela telah memerintahkan penarikan mobl SUC Macan-nya setelah beredar laporan bahwa versi diesel kendaraan tersebut mengeluarkan lebih banyak Nox yang diizinkan berdasarkan peraturan udara bersih Uni Eropa.
        
Kementerian Perhubungan Jerman selanjutnya memerintahkan larangan resmi atas pendaftaran baru buat mobil "Cayenne" Porsche dengan mesin diesel 3,0 liter.
        
Sejauh ini, induk perusahaan Porsche dan Audi, Volkswagen, di Amerika Serikat saja telah membayar lebih dari 25 miliar euro (31 miliar dolar AS) dalam penyelesaian dan denda sebagai akibat dari "skandal dieselgate" sejak 2015 .
        
Kantor Kejaksaan Negara Bagian Braunschweig saat ini sedang memeriksa manager senior Volkswagen karena kecurigaan pelanggaran manipulasi pasar yang dilakukan oleh pembuat mobil yang terdaftar secara terbuka tersebut.

Penerjemah : Chaidar




 
Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar