Kampung Pakuan Baru diharapkan jadi percontohan di Waykanan

id kampung pakuan baru, raden adipati surya,bupati waykanan,kampung percontohan

Bupati Waykanan Raden Adipati Surya (Foto: Humas Pemkab Waykanan/Dok)

Kuncinya hanya satu, niat dan peran serta masyarakat itu sendiri, kata Dessy
Waykanan, Lampung (Antaranews Lampung) – Kampung Pakuan Baru, Kecamatan Pakuan Ratu, Kabupaten Waykanan, yang terpilih mengikuti Lomba Kesatuan Gerak (Kesrak) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Keluarga Brencana (KB)-Kesehatan tingkat nasional tahun 2018, diharapkan dapat menjadi kampung percontohan bagi kampung lainnya di kabupaten tersebut.

"Semoga Kampung Pakuan Baru bisa menjadi yang terbaik di Provinsi Lampung dan Kabupaten Waykanan, serta menjadi kampung percontohan bagi kampung lainnya," kata Bupati Waykanan Raden Adipati Surya, Rabu (19/4).

Menurut dia, dengan terpilihnya Kampung Pakuan Baru ini bisa menjadi percontohan dan dorongan bagi kampung lain agar bisa menjadi lebih baik lagi.

Kampung Pakuan Baru ini memiliki banyak potensi yaitu di bidang pertanian, pendidikan dan lainnya, apalagi di beberapa tempat memiliki kebun kolektif yang bisa meenjadi pembelajaran bagi masyarakat dan kampung lainnya.

Kampung Pakuan Baru harus bisa memberikan masukan dan semangat bagi kampung lainnya, agar bisa menjadi pilihan Kabupaten Waykanan untuk mewakili ke tingkat provinsi.

Bupati mengharapkan agar kampung-kampung lain bisa mengikuti Kampung Pakuan Baru yang dapat bersaing di tingkat nasional dan masuk enam besar dalam lomba Kesrak tahun selanjutnya.

Sementara itu, Direktur Kesehatan Reproduksi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Maryana mengatakan Kampung Pakuan Baru sudah mewakili Provinsi Lampung ke tingkat nasional, walaupun masih harus bersaing dengab lima provinsi lainnya.

Lima provinsi yang akan bersiang, yaitu Yogyakarta, Sumatera Selata, Banten, Kalimantan Selatan, dan Jawa Tengah. "Yang terpenting saat ini berikan pelayan terbaik kepada tim, agar bisa memberikan nilai terbaik kepada Kabupaten Waykanan," katanya.

Ia mengharapkan, Kampung Pakuan Baru bisa memberikan contoh terbaik kepada seluruh kampung yaang ada di Kabupaten Waykanan.
Ketua TP PKK Waykanan Dessy Afrianti Adipati (kanan) dalam satu acara di Waykanan beberapa waktu lalu. (Foto Antaralampung.com/Emir FS/Dok)


Ketua TP PKK Kabupaten Waykanan Dessy Afrianti Adipati mengatakan Kampung Pakuan Baru dipilih sebagai percontohan karena adanya dukungan dan partisipasi masyarakat. Mereka, memberikan lahan untuk dikelola menjadi lahan pertanian.

"Masyarakat dan pemerintah kampungnya benar-benar mendukung. Mereka juga terlibat aktif membuka lahan untuk dijadikan kebun kolektik masyarakat," ujarnya.

Pihaknya akan menata kampung-kampung lain di Kabupaten Waykanan dengan model pertanian seperti di Kampung Pakuan Baru. "Kuncinya hanya satu, niat dan peran serta masyarakat itu sendiri," kata Dessy.
Pewarta :
Editor: Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar