Pesawat militer Aljazair jatuh, lebih 250 orang tewas

id pesawat jatuh, pesawat Aljazair jatuh, pesawat

Pesawat militer Aljazair jatuh, lebih 250 orang tewas

File/Pesawat militer Aljazir jatuh (indileak.com)

Aljir (Antara/Reuters) - Lebih dari 250 orang, termasuk anggota gerakan kemerdekaan Polisario Sahara Barat, tewas ketika sebuah pesawat militer jatuh di sebuah lapangan di luar ibu kota Aljazair pada Rabu, menurut para pejabat setempat.

Tayangan televisi memperlihatkan orang-orang berkerumpun di sekitar puing-puing pesawat yang terbakar dan mengeluarkan asap di dekat bandara Boufarik di wilayah barat daya Aljir. Kantong-kantong mayat berwarna putih terlihat berjajar di tanah, di samping yang pesawat, yang dikatakan media merupakan pesawat angkut Ilyushin buatan Rusia.

Sebanyak 257 orang tewas dalam kecelakaan itu, demikian lapor televisi pemerintah.

Seorang anggota partai FLN yang berkuasa di Aljazair mengatakan kepada stasiun televisi swasta "Ennahar TV" bahwa yang tewas itu termasuk 26 anggota Polisario, kelompok yang didukung Aljazair yang berjuang untuk kemerdekaan Sahara Barat - sebuah wilayah yang juga diklaim oleh Maroko dalam persengketaan yang berkepanjangan.

Pesawat itu menuju ke Tindouf, sebuah daerah di perbatasan Aljazair dengan Sahara Barat, namun menabrak pagar bandara, menurut kementerian pertahanan Aljazair.

Tindouf adalah tempat tinggal bagi ribuan pengungsi yang lari dari kebuntuan Sahara Barat, banyak dari mereka merupakan pendukung Polisario.

Upaya Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk membantu penyelesaian mengalami kegagalan selama bertahun-tahun di daerah gurun yang luas tersebut, yang telah diperebutkan sejak 1975 ketika pasukan kolonial Spanyol pergi. Maroko mengklaim wilayah itu, sementara Polisario mendirikan Republik Demokratik Arab Sahrawi yang dideklarasikan secara sepihak di sana.

Kementerian pertahanan Aljazair mengeluarkan pernyataan belasungkawa kepada keluarga para korban.

Pada Februari 2014, pesawat Hercules Lockheed C-130 angkatan udara Aljazair jatuh di daerah pegunungan di Aljazair timur, menewaskan 77 penumpang dan menyisakan satu orang selamat. 

Penerjemah : Devi/T. Mutiasari