Pembangunan markas Polda Lampung dimulai

id didik suprayitno

Pembangunan markas Polda Lampung dimulai

Pj Gubernur Lampung Didik Suprayitno menekan sirene tanda Ground breaking pembangunan Markas Polda Lampung Kamis (5/4) (Foto: istimewa)

Pemprov Lampung akan diskusikan kepada DPRD Provinsi Lampung. Tahun depan kalau bisa kita anggarkan kembali. Terkait besarannya kita akan bahas terlebih dahulu, katanya.
Lampung Selatan  (Antaranews Lampung) - Pembangunan Markas Kepolisian Daerah Lampung (Mapolda) di Jalan Terusan Ryacudu, Way Hui, Jati Agung, Lampung Selatan, dimulai.

"Harapannya satu tahun selesai pembangunannya. Dengan semangat dari Kapolda walaupun anggarannya belum cukup tetapi tetap bisa terbangun. Karena juga dari dukungan dari berbagai pihak untuk sama-sama berkontribusi, sehingga bisa mendahului dari program yang direncanakan," ujar Pejabat Sementara Gubernur Lampung Didik Suprayitno di Lampung Selatan, Kamis (5/4).

Ia mengatakan pemprov sangat mendukung terbangunnya Mapolda, dengan dibuktikan penambahan kucuran dana Rp32 miliar untuk membangun sarana perkantoran Polda Lampung.

Menurut dia, dana yang dibutuhkan Polda Lampung yang masih belum maksimal. Meskipun begitu, Pemprov akan terus memberikan dukungan terhadap terbangunnya Mapolda Lampung yang baru.

"Pemprov Lampung akan diskusikan kepada DPRD Provinsi Lampung. Tahun depan kalau bisa kita anggarkan kembali. Terkait besarannya kita akan bahas terlebih dahulu," katanya.

Menurut Didik, pembangunan Lampung kini kian cepat, dalam kondisi itu diperlukan peran serta semua komponen masyarakat termasuk di dalamnya Polda Lampung.

"Polda memikili fungsi dan tugas menjaga keamanan, dan ketertiban masyarakat Lampung," ujarnya lagi.

Didik menjelaskan pembangunan Mapolda yang representatif ini, tentu akan mendukung peningkatan kinerja. Pembangunan Lampung yang sangat cepat tentu memerlukan pengamanan yang lebih baik.

Menjelang Pilkada 2018, Didik mengapresiasi seluruh pemangku kepentingan termasuk Polda Lampung yang telah membantu pelaksanaan dalam menjelang Pilkada yang sampai saat ini masih dalam keadaan kondusif.

"Semoga sampai dengan pemungutan suara hingga pelantikan, tetap kondusif," katanya.

Kapolda Lampung Irjen Pol Suntana mengatakan, selain hibah lahan yang diberikan Pemprov Lampung, lahan untuk membangun Mapolda Lampung tersebut juga ditambahan 1,1 ha oleh pihak Institut Teknologi Sumatera (Itera).?

"Jika ditotal kita memiliki lahan 5 sampai 6 ha. Selain itu, Polda Lampung juga membeli lahan tambahan seluas 900 meter," ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk dana yang didapat dari pembangun Mapolda, selain dari Pemprov Lampung, juga berasal dari Pemkot Bandarlampung dan juga Pemkab Lampung Tengah.

"Total nilai pembangunan untuk Mapolda Lampung seluruhnya membutuhkan dana sekitar Rp100 miliar. Semua dibangun atas partisipasi dan bantuan masyarakat Lampung yang menginginkan kantor Polda yang representatif sehingga bisa memberikan pelayanan yang terbaik buat masyarakat Lampung," kata Sutana.

Kapolda menuturkan kegiatan yang berlangsung di Mapolda lama akan berpindah ke tempat yang baru.

"Semua akan pindah ke sini (Mapolda Lampung baru). Kantor yang lama nanti kami tentukan untuk beberapa bidang dan lain-lain," ujarnya.