"Masterchef" Inggris sebut rendang asal Indonesia, Malaysia makin geram

id Rendang ayam, rendang Indonesia, rendang Malaysia

"Masterchef" Inggris sebut rendang asal Indonesia, Malaysia makin geram

"MasterChef" John Torode dan Gregg Wallace (BBC)

Kuala Lumpur (Antara/Reuters) - Masyarakat Malaysia yang geram pada Selasa membela seorang koki kelahiran Malaysia yang tersingkir dari acara televisi kompetisi memasak Inggris, setelah para hakim mengatakan bahwa hidangan ayam yang disajikannya tidak cukup renyah.

        
Zaleha Kadir Olpin yang berbasis di Bristol telah memasak nasi lemak, hidangan tradisional Malaysia yang dicintai, disajikan dengan rendang ayam di semifinal acara BBC "MasterChef UK," di mana para kontestan diminta untuk menyiapkan makanan yang penting bagi mereka.

        
Juri John Torode dan Gregg Wallace terheran dengan hidangan tersebut.

        
"Kulit ayamnya tidak renyah, ini tidak bisa dimakan. Semua saus ada di kulit yang tidak bisa saya makan," kata Wallace.

        
Torode, seorang koki Australia, mengatakan ayam harus "benar-benar lembut, dan dapat terpisah."

Torode membuat Malaysia lebih kesal dengan mengatakan di Twitter bahwa rendang ayam berasal dari negara tetangga Indonesia, dan mengakhiri cuitan dengan "namaste," sebuah sapaan India.

        
"Mungkin Rendang adalah masakan Indonesia!! Saya menyukainya!! Brilian betapa semangatnya kalian semua... Namaste," tulisnya.

   
Tagar "Masterchef UK" dan "rendanggate" menjadi tren di Twitter saat masyarakat Malaysia yang marah menyerang para juri karena tidak tahu bagaimana rendang ayam pedas harus dimasak.

        
"Jangan beri tahu kami cara memasak hidangan yang berasal dari bagian dunia ini ketika Anda tidak tahu," tulis penulis wisata Anis Ibrahim di Twitter.

        
"Ayam rendang tidak pernah renyah," tambahnya.
      
 
        
Duta besar Inggris di Malaysia, Vicki Treadell, ikut bergabung, mungkin tidak mengherankan dirinya muncul secara diplomatis.

        
"Rendang adalah hidangan nasional Malaysia yang ikonis jangan dibingungkan dengan pilihan masakan Indonesia ... Makanan tersebut tidak pernah renyah dan juga jangan dibingungkan dengan ayam goreng yang terkadang disajikan dengan nasi lemak," katanya.

        
Politisi Malaysia tidak bisa menahan diri untuk muncul.

        
"Siapa yang makan rendang ayam yang renyah?" tanya Perdana Menteri Najib Razak di Twitter.

        
Kementerian luar negeri tidak ketinggalan.

        
"Ini hal lucu ketika orang asing mencoba untuk mengajar orang Malaysia dengan hidangan tradisional mereka. Ini mendorong kami untuk bertanya apakah ini adalah bentuk 'rasisme kulit putih' di media sosial," kata Menteri Luar Negeri Anifah Aman di sebuah kiriman Facebook.  

Penerjemah : Devi/M Anthoni