Gubernur dorong penurunan angka kemiskinan di Lamtim

id gubernur didik dan musrenbang lamtim, pjs gubernur lampung, didik suprayitno

Pjs Gubernur Lampung Didik Suprayitno saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Lampung Timur tahun 2018, di Gedung Pusiban Komplek Pemda Kabupaten Lampung Timur, Rabu (21/3/2018). (Foto: Humas Pemprov Lampung)

Pemkab Lamtim juga perlu menetapkan program yang tepat untuk mendongkrak indeks pembangunan manusia menjadi 70,13 tahun 2019 dan menurunkan angka stunting di 10 desa setempat, kata Didik
Lampung Timur (Antaranews Lampung) - Pejabat Sementara Gubernur Lampung Didik Suprayitno mendorong jajaran Pemerintah Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) terus berupaya menurunkan angka kemiskinan.

"Selain itu, Pemkab Lamtim juga perlu menetapkan program yang tepat untuk mendongkrak indeks pembangunan manusia menjadi 70,13 tahun 2019 dan menurunkan angka stunting di 10 desa setempat," kata Didik di Lampung Timur, Rabu (21/3).

Kabupaten Lampung Timur termasuk salah satu dari tiga kabupaten di Provinsi Lampung yang memerlukan intervensi stunting terintegrasi.

Menurutnya, hal tersebut harus dilakukan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur untuk mengatasi permasalahan tersebut sejalan dengan arah kebijakan yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi.

"Salah satu program yang dilaksanakan adalah pemberian makanan tambahan," ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk menghadapi berbagai program penting itu, dibutuhkan sinergitas antara program Provinsi Lampung dengan Pemkab Lampung Timur pada 2019 yang berkaitan dengan pokok strategi pembangunan dan rancangannya.

Upaya lain yang tidak kalah penting yang harus dilakukan Pemkab Lamtim adalah menurunkan angka pengangguran di Kabupaten Lampung Timur ke angka 3,44 persen pada tahun 2019 dan menjaga momentum pertumbuhan ekonomi daerah serta pengendalian inflasi untuk memacu peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pada akhirnya akan menurunkan kemiskinan.?

Didik menjelaskan target pertumbuhan ekonomi Kabupaten Lampung Timur tahun 2019 berada pada kisaran 4,4 ? 4,6 persen.

Ia juga mengajak jajaran Pemkab Lampung Timur mempertahankan dan meningkatkan produksi gabah Provinsi Lampung agar target produksi 4,49 juta ton terealisasi.?

"Untuk itu Kabupaten Lampung Timur agar melakukan pemeliharaan jaringan irigasi, serta mempertahankan lahan sawah melalui implementasi Perda Nomor 05 Tahun 2015 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B)," ujarnya.

Pada beberapa indikator, Kabupaten Lampung Timur berhasil menorehkan capaian yang membanggakan, antara lain IPM Kabupaten Lampung Timur sebesar 67,88 di atas IPM provinsi, tingkat pengangguran di bawah provinsi, serta tidak ada lagi desa tertinggal di Kabupaten Lampung Timur.

"Hal ini patut diapresiasi, sebagai gambaran keberhasilan pembangunan yang dilaksanakan," ujar Didik.

Capaian yang diraih oleh Kabupaten Lampung Timur, kata Didik, berbanding terbalik dengan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Lampung Timur yang belum menggembirakan.

Tercatat tahun 2016 pertumbuhan ekonomi Lampung Timur sebesar 4,2 persen merupakan yang terendah di Lampung. Begitu juga angka kemiskinan Kabupaten Lampung Timur masih tinggi di atas provinsi.

 
Pewarta :
Editor: Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar