Survei Pilgub Lampung: Elektabilitas Ridho tertinggi

id survei pilgub lampung,elektabilitas ridho tertinggi, survei charta politika

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya saat menjelaskan hasil survei pemilihan gubernur Lampung di Bandarlampung, Selasa (20/3). (FOTO: ANTARA FOTO/Ardiansyah)

Jika diuji elektabilitas berpasangan, pasangan M. Ridho Ficardo-Bachtiar Basri 35,1 persen, bersaing dengan Herman HN-Sutono 26,3 persen, ujarnya
Bandarlampung (Antaranews Lampung) - Calon gubernur Lampung M Ridho Ficardo memiliki elektabiltas tertinggi berdasarkan survei yang dirilis oleh lembaga survei Charta Politika Indonesia, Selasa (20/3).

Charta Politika menyelenggarakan survei preferensi politik masyarakat Lampung menjelang pemilihan gubernur dan wakil gubernur setempat  periode 2019-2024.

"Jika pemilihan gubernur Lampung dilaksanakan hari ini. Maka kemungkinan besar M Ridho Ficardo memenangkan pilgub dengan elektablitas 27,1 persen," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya, di Bandarlampung.

Ia mengatakan elektabilitas itu berdasarkan pengumpulan data yang dilakukan pada 6 hingga 11 Maret 2018 melalui wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner terstruktur.

Menurutnya, jumlah sampel sebanyak 800 responden yang tersebar di delapan daerah pemilihan di Provinsi Lampung.

"Survei tersebut menggunakan metode acak  bertingkat  (multistage  random sampling)  dengan  margin of error plus minus 3,46 persen pada  tingkat kepercayaan 95 persen," katanya.

Ia menjelaskan, dalam survei tersebut, Charta Politika menemukan beberapa temuan menarik, yakni pertama elektabilitas "top of mind", sebanyak 27,1 persen masyarakat menyebut nama M. Ridho Ficardo  saat diberi pertanyaan siapa yang akan dipilih untuk menjadi gubernur Lampung untuk lima tahun yang akan datang.    

Sementara itu, lanjuthya, 35,0 persen masih cenderung tidak tahu akan pilihannya dan memilih untuk tidak menjawab. Posisi kedua ditempati oleh Herman HN dengan 20,1 persen. Ketiga Mustafa dengan 10,4 persen dan Arinal Djunaidi sebesar 7,4 persen.

Kedua, untuk tingkat elektabilitas empat  nama, M. Ridho Ficardo memperoleh (35,1 persen), kemudian  Herman HN 26,0 persen, berikutnya Arinal DJunaidi 13,0 persen dan Mustafa 11,6 persen, sisanya sebanyak 14,3 persen menjawab tidak tahu dan tidak menjawab.

"Jika diuji elektabilitas berpasangan,  pasangan M. Ridho Ficardo-Bachtiar Basri 35,1 persen, bersaing dengan Herman HN-Sutono 26,3 persen," ujarnya.

Ia menambahkan, Charta Politika Indonesia melakukan survei elektabilitas calon di lima provinsi di Tanah Air, yakni Lampung, Sumatera Utara, dua di pulau Jawa dan kawasan timur Indonesia yakni Sulawesi.

"Lampung dipilih mengingat penduduk daerah setempat merupakan terbesar kedua di Sumatera setelah Sumatera Utara. Selain itu salah satu calonnya ditahan KPK," tambahnya.
Pewarta :
Editor: Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar