Koeman : Belanda diperkuat para pemain muda

id Sepakbola, timnas Belanda, Piala Eropa, Piala Dunia

Koeman : Belanda diperkuat para pemain muda

Bintang veteran Belanda, Arjen Robben. (AFP)

Amsterdam (Antara/Reuters) - Pelatih baru timnas Belanda Ronald Koeman tengah mencari cara agar timnya mampu bersinar dalam pertandingan pertamanya saat menghadapi Inggris pekan ini, namun ia mengakui pada Senin bahwa Belanda telah kehilangan banyak pemain berkualitas dalam beberapa tahun terakhir.


Arjen Robben dan Wesley Sneijder baru-baru ini menyatakan pensiun dari sepak bola internasional, sementara rekan veteran Robin van Persie kurang bugar untuk pertandingan.


Koeman mengatakan dia harus mengambil resiko menurunkan pemain pemuda untuk pertandingan di Amsterdam pada Jumat dan kemudian untuk pertandingan kedua mereka tiga hari kemudian di Jenewa melawan Portugal.


"Kami telah mengucapkan selamat tinggal pada beberapa pemain kreatif yang tidak hanya Anda gantikan dengan mudah.

"Sekarang kami memiliki pemain muda yang masih perlu berkembang dan hanya masa depan yang akan tahu apakah mereka mampu mencapai ketinggian yang sama," katanya dalam sebuah konferensi pers. .


Koeman menyarankan Robben yang berusia 34 tahun untuk tetap memiliki peran dalam tim Belanda jika dia tidak pensiun. Ia menambahkan bahwa dirinya juga tidak mengesampingkan kembalinya Van Persie, 34, begitu dia membuktikan kebugarannya di Feyenoord.


"Dia menunjukkan kelasnya lagi kemarin," Koeman mengatakan tentang penampilan striker itu untuk klubnya pada hari Minggu saat ia mencetak dua gol dalam kemenangan 4-3 di PEC Zwolle di liga Belanda.


Sneijder, 33 tahun, yang memegang rekor Belanda dengan 133 penampilan bersama timnas, keluar dari arena internasional awal bulan ini.


Dengan Koeman yang ditunjuk sebagai pelatih tim nasional bulan lalu, pertandingan persahabatan yang akan datang merupakan kesempatan pertama baginya untuk menilai skala pekerjaan yang telah dia ambil.


"Tentu saja, kami bermain untuk menang, bagi saya, yang juga penting adalah ketika kami memainkan dua pertandingan ini, saya jauh lebih bijak tentang arahan yang akan kami ikuti di Liga Nations," katanya.


"Pertandingan Jumat dan Senin akan memberi saya kesempatan melihat lebih banyak pemain di lapangan."

Bek Liverpool Virgil van Dijk bisa menjadi kapten tim di Amsterdam Arena pada hari Jumat, tambahnya.


"Saya masih akan memutuskan, saya bukan orang yang percaya dalam pemungutan suara di antara para pemain, jadi saya akan memilih," kata Koeman.


"Bukan berarti saya berpikir seharusnya ada kapten baru, tapi pasti ada seseorang yang bersinar dalam skuad dan bermain dalam posisi tertentu. Saya tidak percaya baik kiper atau striker yang menjadi kapten. Virgil van Dijk adalah kemungkinan sebagai kapten."

Belanda gagal lolos ke Piala Dunia tahun ini di Rusia, menandai pertama kalinya mereka melewatkan turnamen akbar tersebut sejak 2002.


Penerjemah : J. Suswanto