Lionel Messi : Saya bermain agak ke bawah sekarang, tapi sasaran tetap mencetak gol

id La Liga, Liga Spanyol, Barcelona, Lionel Messi

Lionel Messi selalu mencatatkan lembaran sejarah baru Barcelona (fcbarcelona.com)

Bandarlampung (Antaranews Lampung/ESPN) - Lionel Messi mengakui perannya dalam pola pertandingan telah berubah sejak tahun lalu, tetapi sasarannya tetap maju ke depan dan mencetak banyak gol.
 

Messi, sekarang berusia 30 tahun, "meledak" dalam posisi sayap kanan di bawah pelatih Frank Rijkaard, tetapi sangatterkenal dalam posisi baru sebagai "penyerang tengah" di bawah pelatih Pep Guardiola.

Luis Enrique kemudian menempatkannya kembali ke sebelah kanan, sekalipun dengan kebebasan pergerakan penuh, untuk membantu rekannya sesama penyerang, Luis Suarez dan Neymar.

Dalam formasi Ernesto Valverde 4-4-2, Messi menemukan posisinya makin jauh ke belakang, bahkan sering mundur sendiri sampai ke tengah lapangan untuk mendapatkan bola dan mengatur permainan.
 
"Benar, di tahun lalu saya bermain hingga lebih ke bawah, mencetak gol dari bola belakang, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya ketika saya lebih banyak sebagai penyerang ketiga," kata Messi kepada Pepsi.
 
"Jadi, adalah benar bahwa saya mundur ke belakang beberapa meter, tetapi tujuannya tetap sama yakni berada di area permainan dan berusaha mencetak gol.

Posisi itu ternyata tak mempengaruhi kemampuannya dalam mencetak gol. Messi adalah pencetak gol terbanyak sementara La Liga musim ini dengan 24 gol, dan telah mencetak 600 gol selama karirnya untuk klub dan negara dengan mencetak gol tunggal 1-0 atas Atletico Madrid pada pertandingan Minggu lalu.

Dia juga pencipta utama terjadinya gol di kompetisi Spanyol, dengan mencatatkan  12 umpan gol dalam La Liga musim ini.
 
Mantan pelatih Luis Enrique pada 2016 menyebutkan pemain terbaik dunia lima kali itu akan selalu menjadi terbaik di dunia di mana pun posisinya dalam pertandingan.
 
"Messi adalah yang terbaik dalam setiap posisi," kata Luis Enrique.

"Dia bermain dengan kebebasan penuh untuk mengubah posisinya sebagaimana ia inginkan," katanya lagi.
 
"Jika dia bermain sebagai pemain nomor 9, 8 atau 6, dia tetap yang terbaik untuk nomor 9, 8 atau nomor 6 di dunia. Ia mampu mengirimkan umpan sempurna dari jarak sekitar 36 meter. Dia dapat mengirimkan bola ke posisi manapun yang diinginkannya. Bagi saya, Messi adalah pemain terbaik sepanjang waktu," katanya.
 
Messi kembali latihan pada Rabu lalu, setelah dua hari istirahat, untuk memulai persiapan melakoni pertandingan Sabtu di Malaga dan menghadapi Chelsea pada Liga Champions Camp Nou minggu depan.

Penerjemah : Hisar Sitanggang
Sumber : ESPN

 
Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar