DK PBB : Pengepungan Ghouta Timur harus segera dicabut

id Perang Suriah dan Irak, Gerilyawan Kurdi di Suriah dan Irak, Suriah

Serangan bom di Ghouta timur, Suriah (Foto: AFP) (Foto: AFP/)

Perserikatan Bangsa-bangsa (Antara/Xinhua-OANA) - Dewan Keamanan PBB pada Sabtu akhirnya mengesahkan sebuah resolusi, yang mendesak agar gencatan senjata diterapkan selama setidaknya 30 hari di seluruh Suriah guna membuka jalan bagi bantuan kemanusiaan serta evakuasi medis darurat.

Resolusi juga meminta agar pengepungan segera dicabut di daerah-daerah berpenduduk, termasuk di Ghouta Timur, yang merupakan benteng kuat terakhir pemberontak di Suriah. Wilayah itu mengalami pengeboman hebat dalam sepekan terakhir ini.

         
Resolusi disahkan dengan suara bulat pada Sabtu setelah selama dua minggu diwarnai dengan perdebatan sengit serta perubahan di sana sini pada saat-saat terakhir.

         
Sebelum resolusi akhirnya disahkan, para anggota Dewan Keamanan pada Sabtu bersidang selama lebih dari dua jam
 
         
Resolusi 2401 itu berisi tuntutan agar penghentian permusuhan segera dilakukan bagi "jeda kemanusiaan untuk setidaknya selama 30 hari berturut-turut di semua wilayah Suriah," supaya bantuan kemanusiaan bisa disalurkan secara berkelanjutan serta agar layanan dan evakuasi medis bagi para warga, yang sakit parah dan mengalami luka, bisa terlaksana.

         
Dewan Keamanan meminta semua pihak agar segera bergerak untuk  memastikan jeda untuk kemanusiaan itu diterapkan secara menyeluruh.

 
Tia Mutiasari
Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar