Waykanan upayakan Bandara Gatot Subroto jadi komersil

id bupati waykanan, raden adipati surya

Bupati Waykanan Raden Adipati Surya (Foto Antaralampung.com/Emir FS)

Kami berharap secepatnya lapangan udara ini dikomersilkan karena sudah sesuai kebutuhan masyarakat yang ada di tiga kabupaten, Kata Adipati
Waykanan (Antaranews Lampung) - Pemerintah Kabupaten Waykanan, Provinsi Lampung mengupayakan Bandara Lanud AD Gatot Subroto di daerahnya bisa menjadi bandara komersil sehingga mempercepat roda perekonomian warga setempat dan beberapa daerah di Sumatera Selatan.

Bupati Waykanan, Raden Adipati Surya, Jumat menjelaskan, hasil rapat koordinasi Kamis (22/2) di Jakarta membahas percepatan fungsi bandara tersebut menjadi bandara komersil.

"Kita rapat di sini untuk bersama-sama membahas bandara Lanud AD Gatot Subroto agar bisa jadi komersil," kata dia.

Menurut Adipati, keberadaan lapangan udara komersil amat dibutuhkan oleh daerahnya termasuk kabupaten lain salah satunya Kabupaten Oku Timur Provinsi Sumatra Selatan, yang membutuhkan transportasi cepat melalui udara.

Selain itu, keberadaan bandara Gatot Subroto milik TNI AD ini sangat dibutuhkan, selain mempersingkat jarak, dengan transportasi ini juga bisa menghemat anggaran perjalanan dinas h 2 hingga 5 kali lipat.

Kami berharap secepatnya lapangan udara ini dikomersilkan karena sudah sesuai kebutuhan masyarakat yang ada di tiga kabupaten, Kata Adipati.

Ia mengharapkan, persiapan Lanud AD Gatot Subroto sebagai lapangan udara komersil hanya tinggal menunggu beberapa persyaratan administrasi yang perlu dilengkapi, seperti izin dari Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD), Mabes TNI AD, Menteri Pertahanan dan lainnya.

Keinginan menjadikan Lanud AD Gatoto Subroto ini sebagai bandara komersil sudah merupakan keinginan sebian besar masyarakat Waykanan, karena apapun yang menjadi persyaratan yang akan ditentukan Danpusnerbad guna menjadikan Lanud AD Gatoto Subroto ini menjadi bandara komersil akan didukung oleh Pemkab Waykanan.

"Pada intinya kita siap mendukung percepatan bandara Gatot Subroto menjadi bandara komersil," jelasnya.

Sedangkan Kementrian Keuangan Direktorat Pengelolaan Kekayaan Negara dan Sistem Informasi (PKNSI), Direktur Indra Surya, lanjutnya, mengatakan usulan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Waykanan, Provinsi Lampung sudah sejak tahun lalu.

"Sangat setuju bandara tersebut dijadikan bandara komersil, apalagi bisa meningkat perekonomian masyarakat sekitar lokasi," Kata Adipati menirukan Indra Surya.

Indra menambahkan, untuk menjadikan bandara tersebut menjadi komersil butuh waktu yang panjang, apalagi harus minta beberapa persetujuan baik dari KASAD, Mabes TNI, Menhan, dan lainnya. Sedangkan untuk menopang bandara tersebut harus ada kerja sama antara maskapai, transportasi, dan angkasapura untuk para petugas.


Pewarta :
Editor: Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar