Dinkes: Dua Puskesmas di Waykanan raih predikat utama

id dua puskesmas waykanan, raih predikat utama,farida aryani,kepala dinkes waykanan

Dinkes: Dua Puskesmas di Waykanan raih predikat utama

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Waykanan, Farida Aryani (Foto : Antaranews Lampung/Emir FS)

Akreditasi merupakan peningkatan mutu pelayanan bagi masyarakat. Dengan telah teraktreditasi, puskesmas bisa memberikan pelayanan yang lebih baik lagi, kata Farida
Waykanan, Lampung (Antaranews Lampung) - Dua dari enam puskesmas di Kabupaten Waykanan, Provinsi Lampung, yang diakreditasi pada 2017, meraih predikat Utama, kata Kepala Dinas Kesehatan Waykanan Farida Aryani.

Farida di Waykanan, Rabu, mengatakan, puskesmas yang mendapatkan capaian tertinggi tersebut yaitu Puskesmas Waytuba dan Puskemas Sukabumi, sedangkan empat lainnya yaitu Puskemas Gistingjaya, Pisangbaru, Kasui, Serupaindah mendapatkan predikat Madya.

"Target di 2017 tercapai untuk melakukan akreditasi puskesmas, dan 2018 kita targetkan semua puskesmas mendapatkan predikat Utama," kata dia.

Menurutnya, dari 19 puskemas yang ada di Waykanan, 10 di antaranya belum diakreditasi. Direncanakan pada 2018 sebanyak enam puskemas akan dilakukan akreditasi dan empat puskemas pada 2019. 
   
Puskesmas yang akan diakreditasi pada 2018 yaitu Puskesmas Bumibaru, Banjit, Gununglabuhan, Negeriagung, Purwoagung dan Pakuonratu. Sedangkan puskesmas lainnya yaitu Negeribesar, Mesirilir, Negeribaru, dan Bumiagung akan diakreditasi pada 2019.

Puskesmas yang telah diakreditasi berarti pelayanannya sudah sesuai standar mutu dari komisi Akreditasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, baik dari segi pelayanan, manajemen, administrasi, SDM, dan sarana prasarana lebih baik dari puskemas yang belum dilakukan akreditasi.

"Akreditasi merupakan peningkatan mutu pelayanan bagi masyarakat. Dengan telah teraktreditasi, puskesmas bisa memberikan pelayanan yang lebih baik lagi," kata Farida.

Farida mengharapkan kepada seluruh jajaran tenaga kesehatan, khususnya yang bertugas di puskesmas yang akan diakreditasi, agar  mempersiapkan kelengkapan dan persyarakatan yang dibutuhkan tim penilai.

Puskesmas yang akan diakreditasi juga diharapkan bisa mencontoh  Puskemas Waytuba dan Puskesmas Sukabumi yang berhasil mendapatkan nilai tertinggi yaitu Utama.