Turki gunakan senjata kimia di Suriah ?

id Perang Kurdi dan Suriah, Perang Suriah dan Irak, Suriah, Turki

Turki gunakan senjata kimia di Suriah ?

Pejuang Kurdi Suriah yang juga mencakup kaum perempuan, terlibat dalam pertempuran, seperti di Manbij/file. (AFP/bbc.com)

Ankara (Antara/Reuters) - Turki menyampaikan bahwa tidak pernah menggunakan senjata kimia dalam operasinya di Suriah, dan menjaga warga sipil dengan baik, kata sumber diplomat Turki, setelah pasukan Kurdi Suriah dan kelompok pemantau menuduhnya melakukan serangan gas kimia di Afrin, Suriah.

      
"Ini adalah tuduhan yang tidak berdasar, Turki tidak pernah menggunakan senjata kimia. Kami sangat memperhatikan warga sipil dalam Operasi Ranting Zaitun," kata sumber tersebut sebagaimana dilaporkan Kantor Berita Reuters dan dikutip Kantor Berita Antara, Rabu.

      
Pasukan Kurdi Suriah dan sebuah kelompok pemantau mengatakan militer Turki melakukan serangan gas kimia yang diduga melukai enam orang di wilayah Afrin, Suriah, Jumat.

        
Sumber tersebut juga menggambarkan tuduhan melukai enam warga sipil melalui serangan terduga gas kimia itu sebagai sebuah "propaganda hitam".

        
Turki melancarkan serangan udara dan darat bulan lalu di wilayah Afrin, membuka sebuah kemelut baru dalam perang Suriah multipihak, untuk menargetkan petempur Kurdi di wilayah Suriah utara.

        
Birusk Hasaka, juru bicara milisi YPG Kurdi di wilayah Afrin, mengatakan kepada Reuters bahwa serangan pengeboman Turki telah mengenai sebuah desa di barat laut wilayah tersebut, dekat perbatasan Turki. 

Dia mengatakan serangan menyebabkan enam orang menderita masalah pernapasan dan gejala lainnya yang mengindikasikan adanya serangan gas kimia.

        
Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan kepada Reuters bahwa pasukan Turki dan sekutu pemberontak Suriah mereka menyerang desa tersebut pada Jumat dengan bomnya. 

Kelompok pemantau perang yang berbasis di Inggris itu mengatakan sumber medis di Afrin melaporkan bahwa enam orang yang terkena serangan mengalami kesulitan bernafas dan pupil yang melebar, mengindikasikan dugaan serangan gas kimia.

        
Kantor berita negara Suriah SANA, yang mengutip seorang dokter di sebuah rumah sakit Afrin, mengatakan bahwa serangan Turki terhadap desa tersebut menyebabkan enam orang tersedak.

       
Pada 6 Februari, Perserikatan Bangsa Bangsa menyerukan agencatan senjata kemanusiaan segera dilakukan di Suriah.  
  
Sejak konflik muncul pada tahun 2011, YPG dan sekutu-sekutunya telah mendirikan tiga kantong otonom di utara, termasuk Afrin. Dukungan Amerika Serikat untuk pasukan pimpinan Kurdi di Suriah telah membuat marah Ankara, yang memandang mereka sebagai ancaman keamanan di sepanjang perbatasannya. Turki melihat YPG sebagai teroris dan perpanjangan Partai Pekerja Kurdistan yang dilarang (PKK) yang telah melakukan pemberontakan tiga dekade di tanah Turki.

Penerjemah : GNC Aryani