Tentara Pakistan di Arab Saudi tak dikerahkan ke Yaman

id Tentara Pakistan, Konflik Yaman dan Arab Saudi

Militer Pakistan (southasianmedia.ne)

Islamabad (Antara/Xinhua-OANA) - Menteri Pertahanan Pakistan Khurram Dastgir Khan, Senin (19/2), mengatakan kepada Senat di Islamabad tentara yang akan dikirim ke Arab Saudi takkan ikut dalam konflik di Yaman tapi akan memainkan peran pelatihan dan penasehat.

        
Menteri Pertahanan tersebut mengeluarkan pernyataan itu selama pernyataan mengenai kebijakan di Majelis Tinggi Parlemen, setelah oposisi meminta perincian mengenai rencana pemerintah untuk mengirim tentara ke Arab Saudi.

        
"Tentara Pakistan yang akan dikirim ke Arab Saudi hanya dimaksudkan buat melaksanakan pelatihan bagi personel keamanan Arab Saudi dan bukan terlibat dalam konflik di Yaman," kata Khurram Dastgir Khan.

        
Menteri Pertahanan tersebut mengatakan rombongan tentara Pakistan akan memiliki kekuatan lebih dari 1.000 personel dari segala jajaran dan akan dikirim dalam waktu dekat, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa pagi. Ia mengatakan saat ini sebanyak 1.600 prajurit Pakistan saat ini sedang melaksanakan tugas di Arab Saudi.

        
"Perdana menteri telah menyetujui pengiriman tambahan tentara Pakistan ke Arab Saudi untuk tujuan pelatihan dan pemberian saran," katanya. Ia menambahkan bantuan yang diberikan kepada Arab Saudi adalah kelanjutan dari dukungan yang diberikan dan dalam kerangka resolusi parlemen gabungan pada April 2015.

        
Militer Pakistan juga telah mengatakan di dalam pernyataan sebelumnya bahwa kontingen baru tentara Pakistan dan prajurit Pakistan yang sudah ada di Arab Saudi takkan dikerahkan ke luar Kerajaan Arab tersebut.






Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar