Xinhua : Pertempuran darat perebutan Ghouta Timur belum dimulai

id Perang Kurdi dan Suriah, Perang Suriah dan Irak, Suriah

Xinhua : Pertempuran darat perebutan Ghouta Timur belum dimulai

Militer Suriah (almasdarnews.com)

Damaskus, Suriah (Antara/Xinhua-OANA) - Satu sumber yang sangat mengetahui kondisi di Damaskus Timur mengatakan kepada Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Senin-- bahwa pertempuran darat untuk memperebutkan Ghouta Timur belum meletus.

        
Pemboman terhadap Ghouta Timur dilancarkan kurang dari 24 jam sejak militer Suriah mengerahkan balabantuan besar untuk ikut dalam serangan guna menghapuskan ancaman gerilyawan di wilayah itu.

        
Pada Ahad pagi, harian pro-pemerintah Al-Watan melaporkan perundingan maraton sedang berlangsung untuk mencapai penyelesaian dengan gerilyawan di Ghouta Timur di tengah peningkatan pengerahan militer Suriah di pinggir daerah tersebut sebagai persiapan kalau-kalau pembicaraan itu gagal.

        
Penyelesaian suasana tegang di Ghouta Timur diperantarai oleh Rusia, kata sura kabar tersebut --yang menambahkan perundingan diserukan oleh gerilyawan yang menghadapi tekanan militer Pemerintah Suriah.

        
Situasi di Ghouta Timur bergolak selama dua bulan belakangan, ketika gerilyawan melancarkan serangan besar terhadap satu pangkalan penting militer di Kota Harasta di wilayah itu.

        
Aksi saling bom dan serang tersebut membuat PBB mengeluarkan beberapa seruan bagi dicapainya gencatan senjata selam satu bulan guna memungkinkan masuknya bantuan kemanusiaan buat warga sipil yang terpengaruh.

        
Namun situasi tenang selama tiga hari sebelum bergolak lagi pada Ahad malam.

        
Rakyat Suriah di ibu kota negeri itu telah lama menyerukan dihentikannya serangan mortir gerilyawan, yang telah melumpuhkan kehidupan banyak warga di permukiman di Damaskus Timur.

        
Penerjemah : Chaidar