Kemensos libatkan pramuka untuk kegiatan sosial

id mensos idrus audiensi kwarnas,menteri sosial, isrus marham

Kemensos libatkan pramuka untuk kegiatan sosial

Menteri Sosian Idrus Marham saat menerima audiensi Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault di Kantor Kemensos, Salemba, Jakarta Pusat. (Foto: Dok. Humas Kwarnas)

Coba kita cari formulanya agar kerja sama dengan Kwarnas Gerakan Pramuka diperkuat lagi. Misalnya, bagaimana setiap kegiatan sosial di daerah itu kita libatkan Pramuka, kata Mensos
Jakarta (Antaranews Lampung) - Kementerian Sosial akan lebih banyak melibatkan Gerakan Pramuka di berbagai daerah untuk mendukung kegiatan sosial yang sangat beragam, salah satunya yang sudah dilakukan dalam penanganan bencana.

"Coba kita cari formulanya agar kerja sama dengan Kwarnas Gerakan Pramuka diperkuat lagi. Misalnya, bagaimana setiap kegiatan sosial di daerah itu kita libatkan Pramuka," kata Mensos Idrus Marham saat menerima kunjungan Kwarnas Gerakan Pramuka di Jakarta, Rabu (14/2).

Sejauh ini, kemitraan Kemensos dan Pramuka adalah dalam penanganan bencana. Kemensos melalui wadah Taruna Siaga Bencana (Tagana) sering melakukan koordinasi dengan Satgas Pramuka Peduli dan saling membantu.

"Ya itu yang sudah ada harus diperkuat lagi. Pramuka punya SDM yang kuat di daerah harus kita libatkan dalam setiap penanganan bencana. Jadi, pendekatannya fungsional," kata dia.

Menteri Sosial baru itu juga mengapresiasi berbagai kegiatan yang sudah dilakukan Kwarnas Gerakan Pramuka. Meski anggaran sedikit tapi semangat Kwarnas Gerakan Pramuka untuk terus berkontribusi kepada masyarakat tetap ada.

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault mengatakan Pramuka adalah mitra kerja Kemensos sebagaimana nampak pada program-program yang saling bersinggungan.

"Kami banyak bersinggungan dengan program-program di Kemensos. Kita punya bidang yang namanya Abdimasgana (Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana) untuk penanganan bencana," kata dia.

Dia mengatakan Pramuka sering membuat posko bersama dengan Kemensos seperti saat bencana alam terjadi di Bali dan longsor di beberapa daerah.

"Kegiatan Pramuka memang tidak hanya berkemah. Tapi juga banyak di luar itu yang selalu bersentuhan langsung dengan masyarakat, seperti penanganan bencana di sejumlah daerah," kata dia.