Revitalisasi PKOR Wayhalim Rampung

id Revitalisasi PKOR Wayhalim, PKOR Wayhalim Bandarlampung, Gubernur Ridho Ficardo

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo (kiri) saat meninjau hasil revitalisasi PKOR Wayhalim Bandarlampung, Sabtu (10/2). (FOTO: ANTARA Lampung/ist))

Bandarlampung (Antaranews Lampung) - Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo meresmikan revitalisasi Pusat Kebudayaan dan Olahraga (PKOR) Way Halim, Bandarlampung.

"Adapun tujuan revitalisasi adalah agar PKOR dapat berfungsi secara maksimal untuk kegiatan olahraga dan budaya yang terintegrasi dengan kegiatan lainnya," kata Gubernur Ridho, di Bandarlampung, Sabtu (10/2).

Ia menyebutkan, PKOR sebelumnya dibangun oleh Gubernur Lampung Poedjono Pranyoto untuk kegiatan olahraga, namun seiring waktu diperluas fungsinya untuk kegiatan-kegiatan lainnya seperti MTQ nasional, Lampung Fair, dan lain sebagainya.

Menurutnya, dengan adanya revitalisasi ini, diharapkan dapat bermanfaat untuk masyarakat Lampung sebagai ruang publik sekaligus ruang terbuka hijau.

Anggaran yang digelontorkan Pemprov Lampung untuk revitalisasi adalah sebesar Rp36 miliar dari dana APBD murni Provinsi Lampung.

Revitalisasi yang dilakukan meliputi 14 kegiatan, di antaranya adalah pembangunan masjid, sarana penerangan dan pembangunan gerbang PKOR, jogging track, taman bermain (skatepark), ruang terbuka hijau (kolam gajah dan food court), rumah jaga empat unit, dan MCK sembilan unit.

Selain itu ada juga sarana transportasi dan papan informasi, serta pembangunan dan peningkatan jalan lingkungan, drainase dan trotoar PKOR Wayhalim.

Gubernur berharap dengan revitalisasi tersebut, PKOR Wayhalim dapat menjadi kebanggaan masyarakat Lampung, serta menjadi tumpuan peningkatan prestasi para atlet daerah setempat.

Gubernur Ridho pada kesempatan itu juga melakukan penanaman pohon secara simbolis sebagai bentuk usaha menciptakan ruang terbuka hijau di Kota Bandarlampung. Kemudian dilanjutkan dengan peninjauan semua fasilitas PKOR Wayhalim seperti lapangan sofbol, arena panjat tebing, skatepark, dan taman bermain.

Misel, siswi kelas 10 SMAN 1 Bandarlampung yang tergabung dalam klub sofbol Mohicans mengaku sangat terbantu dengan adanya lapangan di PKOR Way Halim. "Seneng banget ada lapangan sofbol yang lebih representatif beserta fasilitas lainnya, semoga ke depan atlet-atlet di Lampung dapat lebih berprestasi lagi," katanya.

Santi (33), seorang atlet panjat tebing asal Bandarlampung, juga mengapresiasi atas adanya revitalisasi PKOR Wayhalim ini. "PKOR sekarang sudah lebih bagus dari sebelumnya, khususnya tempat olahraga panjat tebing ini. Saya berterima kasih kepada gubernur dan Pemprov Lampung, mudah-mudahan ke depannya fasilitas dan tempat olahraga bisa lebih lengkap dan banyak lagi," kata Santi.
Pewarta :
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar