PLN Lampung lakukan pemeliharaan jaringan

id pemeliharaan jaringan pln, pln lampung

PLN Lampung lakukan pemeliharaan jaringan

Petugas PLN sedang melakukan pemeliharaan jaringan kelistrikan (Foto: Humas PLN)

Setelah dilakukan inspeksi oleh PLN Unit Pelayanan Transmisi (UPT) Tanjung Karang, ditemukan beberapa anomali di jaringan yang segera membutuhkan pemeliharaan, khususnya Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV jalur Kotabumi-Menggala
Bandarlampung (Antaranews Lampung) - PT PLN melakukan pemeliharaan jaringan kelistrikan secara bertahap akibat terjadinya gangguan di sebagian besar wilayah Lampung beberapa waktu lalu.

"Setelah dilakukan inspeksi oleh PLN Unit Pelayanan Transmisi (UPT) Tanjung Karang, ditemukan beberapa anomali di jaringan yang segera membutuhkan pemeliharaan, khususnya Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV jalur Kotabumi-Menggala," kata Deputi Manajer Hukum dan Humas PLN Distribusi Lampung, Hendri AH, di Bandarlampung, Kamis.

Oleh karena itu, lanjutnya, Gardu Induk (GI) Mini dan GI Menggala akan dilakukan pemadaman aliran listrik pada 3 dan 10 Februari 2018 demi keamanan selama proses pemeliharaan jaringan kelistrikan berlangsung.

Ia menyebutkan, pemeliharaan ini merupakan kelanjutan dari sebelumnya yang telah dilakukan pada 13 Januari 2018. Setelah terjadi gangguan beberapa minggu silam dan meskipun telah normal kembali, PLN berinisiatif melakukan inspeksi jaringan untuk memastikan dampak dari gangguan tersebut pada peralatan lainnya.

"Tidak tanggung-tanggung inspeksi jaringan SUTT ini dilakukan di 170 titik tower SUTT atau hampir sepanjang 80 km yang membentang dari Gumawang, Menggala hingga Kotabumi," ujarnya.

Inspeksi yang dilakukan sejak Selasa (9/1) hingga Jumat (12/1) menghasilkan beberapa temuan anomali di jaringan yang apabila dibiarkan akan menimbulkan terputusnya kembali suplai listrik dari Sumatera Selatan dan menyebabkan pemadaman di wilayah Lampung seperti sebelumnya.

"Jalur SUTT 150 kV Kotabumi-Menggala terbentang cukup panjang. PLN membutuhkan waktu, baik untuk inspeksi dan pemeliharaan," katanya.

Karena itu, lanjutnya, diperlukan pemadaman gardu induk yang disuplai oleh SUTT 150 kV Kotabumi-Menggala, yakni GI Menggala dan GI Mini Tulang bawang Barat agar pekerjaan pemeliharaan dapat dilakukan dengan cepat dan tentunya aman untuk petugas.

Pemadaman direncanakan akan dilakukan pada 3 dan 10 Februari 2018 pukul 06.00-16.00 WIB. Adapun daerah padam meliputi seluruh wilayah kerja yang listriknya disuplai dari GI Menggala dan GI MiniTulangbawang Barat seperti Kabupaten Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat dan Mesuji.

"Atas nama manajemen PLN Distribusi Lampung, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Semoga pekerjaan berjalan tanpa hambatan dan tentunya petugas kami akan berupaya semaksimal mungkin agar pekerjaan dapat selesai sesuai jadwal," tambah Hendri.