Menkeu desak Kemenhub perbaiki kualitas penyusunan anggaran

id Menkeu : Kemenhub paling lamban undang investasi swasta, investasi swasta, Kemenhub, Menkeu

Kementrian Perhubungan di Jakarta ( Net)

Jakarta (Antara Lampung) - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mendesak Kementerian Perhubungan untuk terus melakukan perbaikan dari sisi kualitas penyusunan anggaran.

        
Menurut Menkeu di Jakarta, Kamis, keterbatasan anggaran seharusnya tidak dijadikan alasan untuk tidak menyelesaikan program pemerintah. 


Pasalnya, dari anggaran yang ada, pun belum sepenuhnya terserap.

        
Ia juga mendorong penyusunan skema kerja sama dengan swasta yang profesional, bebas korupsi, dan kolusi namun tetap efisien.

        
"Pemerintah akan fokus menggunakan APBN, terutama untuk daerah-daerah yang belum berkembang, peranan swasta atau minat swasta masih sangat minim. Sementara itu, di wilayah perkotaan yang sudah gemuk potensi ekonominya, APBN hanya akan difungsikan sebagai katalis atau fasilitator," pungkasnya.

        
Alokasi anggaran Kementerian Perhubungan terus mengalami peningkatan dalam kurun waktu 2016 hingga 2018, yaitu pada tahun 2016 sebesar Rp43,15 triliun, kemudian pada tahun 2017 sebesar Rp45,98 triliun, dan pada tahun 2018 sebesar Rp48,2 triliun. Namun, daya serap anggaran pada tahun 2017 hanya mencapai 86,39 persen.

 
Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar