Pemprov Lampung ajak sukseskan pilkada serentak 2018

id plt sekdaprov lampung, hamartoni ahadis, zulkifli anwar

Pemprov Lampung ajak sukseskan pilkada serentak 2018

Plt Sekdaprov Lampung Hamartoni Ahadis, mewakili Gubernur Muhammad Ridho Ficardo saat menerima kunjungan Komisi II DPR RI di Ruang Sungkai, Balai Keratun, Komplek Kantor Gubernur Lampung, Rabu (31/1). (Foto: Humas Pemprov Lampung)

Mari kita bersama-sama menyatukan tekad, sehingga pelaksanaan pilkada dapat berjalan dengan tertib, aman, lancar, dan demokratis, kata Hamartoni
Oleh Agus Wira Sukarta



Bandarlampung  (Antaranews Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung mengajak seluruh komponen masyarakat dan pemangku kepentingan di daerah ini untuk menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2018.

"Mari kita bersama-sama menyatukan tekad, sehingga pelaksanaan pilkada dapat berjalan dengan tertib, aman, lancar, dan demokratis," kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Hamartoni Ahadis, saat menerima kunjungan Komisi II DPR RI, di Bandarlampung, Rabu.

Ia juga menyampaikan keberhasilan pilkada memerlukan persiapan yang matang baik dari aspek penyelenggaraan maupun dari aspek upaya penciptaan situasi dan kondisi yang kondusif.?

Menurutnya, dari aspek penyelenggaraan pilkada, Pemerintah Provinsi Lampung terus berkoordinasi dan konsolidasi dengan pihak terkait, seperti KPU dan Bawaslu Provinsi Lampung.

Selain itu, koordinasi juga terus dilakukan dengan aparat keamanan untuk mempersiapkan secara cermat hal-hal yang terkait dengan tugas dan fungsinya masing-masing.

Hamartoni menjelaskan, koordinasi tersebut di antaranya terhadap penyelenggaraan pilkada, seperti KPU, Bawaslu, organisasi politik, ormas, aparat keamanan dan pemerintah daerah.

Lalu, sosialisasi pelaksanaan pilkada yang dilakukan oleh KPU terhadap masyarakat luas, organisasi peserta pemilu (OPP), aparat pemerintah, penyelenggara pilkada mulai dari KPU sampai dengan petugas TPS.?

Selanjutnya, distribusi logistik seperti kotak suara, tinta, kertas suara maupun dokumen-dokumen administrasi peyelenggaraan pemungutan suara, dan melakukan pemantauan terhadap persiapan, dan kesiapan penyelenggara, saksi-saksi, pengawasan dan pengiriman atau distribusi bahan/logistik.

"Demikian pula, dari aspek penciptaan situasi dan kondisi, Pemerintah Provinsi Lampung telah menginstruksikan kepada jajaran untuk dapat mendukung dan mendayagunakan berbagai potensi yang ada untuk membantu aparat keamanan, sehingga pelaksanaan pilkada dapat berlangsung dengan sukses," kata Hamartoni.

Ketua rombongan Komisi II DPR RI Zulkifli Anwar mengatakan Lampung dalam kondisi kondusif. Artinya aman, terkendali, dan diharapakan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Saya jamin pelaksanaan pilkada di Lampung aman dan tidak terlalu mengkhawatirkan tentang persoalan yang akan terjadi," ujarnya lagi.

Selain Zulkilfi Anwar, anggota Komisi II DPR RI yang datang ke Provinsi Lampung yakni Henry Yosodiningrat dari Fraksi PDI Perjuangan, Suasana Dachi dari Fraksi Partai Gerindra, Mohammad Hatta dari Fraksi PAN, Firmansyah Mardanoes dari Fraksi PPP, dan Tamanuri dari Fraksi Partai NasDem.

Kedatangan Komisi II DPR dalam rangka koordinasi dan memberikan masukan kepada pihak yang terlibat dalam Pilkada Serentak 2018 di Provinsi Lampung.?

Zulkifli juga menyampaikan kunjungan ini terbilang spesifik untuk dijadikan referensi Komisi II apabila nanti ada hal-hal yang sifatnya perlu penanganan.?

Hadir pada acara itu Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Lampung Nanang Trenggono dan Ketua Bawaslu Lampung Fatikhatul Khoiriyah.