Pemkab Lampung Tengah segera betonisasi jalan kampung

id bupati lampung tengah, mustafa

Pemkab Lampung Tengah segera betonisasi jalan kampung

Bupati Lampung Tengah Mustafa (FOTO: Humas Pemkab Lampung Tengah)

Kita sengaja memilih jalan beton biar awet, khususnya di titik-titik yang memang rentan rusak atau pada rute-rute yang dilalui pengendara muatan berat. Insya Allah tiga tahun saya memimpin jalan di Lampung Tengah sudah mulus semua, tegas Mustafa
Bandarlampung (Antaranews Lampung) - Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah segera membangun jalan beton atau betonisasi di kampung-kampung dengan total sepanjang 468 Km yang diharapkan berdampak positif pada geliat ekonomi masyarakat.

"Sebagaimana diketahui kondisi jalan di Lampung Tengah rusak parah. Selain membangun jalan kabupaten, tahun lalu kita sudah membangun 704,62 km jalan kampung. Tahun ini akan dilanjutkan dengan pembangunan jalan beton di jalan kabupaten dan kampung, masing-masing 60 km jalan kabupaten dan 468 km jalan kampung," kata Bupati Lampung Tengah Mustafa dalam keterangan diterima di Bandarlampung, Ahad (28/1).

Tak hanya jalan kampung, lanjut dia, 230 ruas jalan kabupaten juga bakal dibangun tahun ini. Dengan anggaran Rp580 miliar, total jalan kabupaten yang bakal dibangun yakni 1.196,82 km, terdiri atas jalan beton dan jalan aspal yang tersebar di seluruh kecamatan.

Mustafa menegaskan, pembangunan jalan terus dimasifkan untuk menjawab harapan masyarakat yang menginginkan jalan di Lampung Tengah halus. Ia menargetkan, tiga tahun kepemimpinannya semua jalan-jalan di Lampung Tengah mulus.

Ia berharap pembangunan tersebut berdampak positif pada geliat ekonomi masyarakat.

"Kita sengaja memilih jalan beton biar awet, khususnya di titik-titik yang memang rentan rusak atau pada rute-rute yang dilalui pengendara muatan berat. Insya Allah tiga tahun saya memimpin jalan di Lampung Tengah sudah mulus semua," tegas Mustafa.

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Lampung Tengah Taufik Rahman menerangkan pembangunan jalan di Lampung Tengah tahun ini sebanyak 230 ruas, lebih banyak dibandingkan tahun lalu yang hanya 158 ruas. Dengan pembangunan tersebut, bisa mengurangi kerusakan jalan di Lampung Tengah hingga 50 persen.

"Saat ini 60 persen jalan di Lampung Tengah dalam kondisi normal, 40 persennya masih rusak. Dengan adanya pembangunan tahun ini, Insya Allah persentase kondisi jalan normal atau mulus di Lampung Tengah naik menjadi 80 persen," katanya.

Taufik merincikan, pembangunan jalan beton akan dilaksanakan di jalan Kalirejo-Sendang-Pubian, Bandarjaya-Donoarum-Bumiaji Anaktuha, Sukanegara Padangratu-Bangunrejo, Seputihraman-Seputih Mataram, Rukti Basuki-Binakarya Utama, Sribasuki-Simpang Kerangkeng, Karang Jawa-Anaktuha.

"Beberapa jalan kota juga bakal dibeton seperti di arah Simpang Tugu Gajah menuju Komering, jalan depan SPBU Seputihjaya dan jalan dari simpang Yukumjaya arah hotel Bunda Bandarjaya. Nantinya jalan-jalan tersebut menjadi jalur alternatif untuk dilalui kendaraan-kendaraan muatan berat, sehingga dapat mengurangi kemacetan di seputaran Gunungsugih-Bandarjaya," kata Taufik.