Mustafa canangkan program "Jemput Sakit Pulang Sehat"

id jemput sakit pulang sehat, rsud demang sepulau raya, mustafa, bupati lampung tengah

Mustafa canangkan program "Jemput Sakit Pulang Sehat"

Bupati Lampung Tengah Mustafa (kanan berpeci) mendatangi pasien saat meninjau RSUD Demang Sepulau Raya beberapa waktu lalu (Foto : Humas Pemkab Lampung Tengah)

Untuk mewujudkan program ini, kita sudah menempatkan layanan ambulan gratis di tiap-tiap puskesmas dan rumah sakit, kata Bupati
Lampung Tengah (Antaranews Lampung) - Bupati Lampung Tengah Mustafa mencanangkan program "Jemput sakit pulang sehat" dalam upaya memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat di daerahnya, khususnya di bidang kesehatan.

"Untuk mewujudkan program ini, kita sudah menempatkan layanan ambulan gratis di tiap-tiap puskesmas dan rumah sakit," kata Bupati di Gunungsugih, ibukota Lampung Tengah, Kamis (25/1).

Ia mengatakan, berbagai upaya telah dilakukan dalam mewujudkan pelayanan kesehatan yang baik. Dari sisi infrastuktur, Pemkab Lampung Tengah telah menyulap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Demang Sepulau Raya menjadi rumah sakit yang lebih moderen, mulai dari perwajahan, kelengkapan sarana prasarana kesehatan hingga penunjang lainnya.

Dengan berbagai perbaikan pelayanan itu, RSUD Demang Sepulau Raya telah mendapatkan akreditasi paripurna bintang lima, dan menjadi satu-satunya rumah sakit tipe C di Lampung yang mendapatkan predikat tersebut. Akreditasi paripurna menjadi indikator bahwa rumah sakit ini telah memenuhi standar terbaik.

"Warga tak perlu ragu lagi berobat di RSUD Demang Sepulau Raya, pelayanan di rumah sakit ini sudah semakin baik. Saya sendiri sudah merasakan langsung, ketika saya sakit, saya tidak berobat kemana-mana, tetapi ke Demang. Alhamdulillah lancar dan pelayanannya baik," kata Mustafa.

Ia mengaku sudah instruksikan tenaga kesehatan agar tidak mempersulit proses apapun yang menyangkut kebutuhan kesehatan, yang penting sudah sesuai prosedur.

Selain perbaikan pelayanan dan infrastruktur, Bupati juga memberikan pengobatan gratis untuk seluruh masyarakat Lampung Tengah. Mulai tahun ini, baik pemilik BPJS ataupun tidak, bisa mendapatkan pelayanan kesehatan gratis di puskesmas maupun RSUD Demang Sepulau Raya.

"Ini adalah salah satu upaya kami meningkatkan pelayanan kesehatan. Jika biasanya gratis identik dengan BPJS maka mulai tahun semuanya bisa gratis. Punya atau tidak punya BPJS, berobat di Lampung Tengah gratis," katanya.



Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Lampung Tengah Khairul menuturkan, program pengobatan gratis telah dilaksanakan per 1 Januari 2018. Program ini digulirkan menggunakan APBD Lampung Tengah dalam rangka meningkatkan taraf kesehatan warga daerah ini.

"Sesuai arahan Bupati, tahun ini kita tidak hanya melayani pengobatan gratis untuk BPJS. Yang tidak punya tetap bisa berobat gratis. Namun nantinya pasien tetap kita arahkan untuk mendaftar BPJS. Untuk fasilitas ambulan, bisa hubungi puskesmas masing-masing, ini sudah kita gratiskan," jelas Khairul.