Presiden : Sebelum Asian Games 2018, tol Bakauheni-Palembang selesai

id Tol Trans Sumatera, Presiden resmikan Tol Trans Sumatera

Presiden : Sebelum Asian Games 2018, tol Bakauheni-Palembang selesai

Presiden Joko Widodo meresmikan Tol Trans Sumatera segmen Bakauheni- SS Bakauheni dan Lematang-Kota Baru di Bakauheni Lampung, Minggu (21/1). (ANTARA LAMPUNG/Agus Wira Sukarta)

Lampung  Selatan (Antara Lampung) -  Presiden Joko Widodo menginginkan pembangunan Jalan Tol Bakauheni-Palembang sebagai bagian dari Jalan Tol Trans-Sumatera,  dapat diselesaikan sebelum pelaksanaan Asian Games 2018.
        
"Kenapa ini segera kita resmikan ? Karena saya ingin mendorong agar yang dari Bakauheni sampai Palembang bisa diselesaikan sebelum Asian Games berjalan," kata Presiden Jokowi saat meresmikan pengoperasian Jalan Tol Trans- Sumatra ruas Bakauheni-Terbanggi Besar paket 1 (Bakauheni-Sidomulyo) dan paket 2 (Lematang-Kotabaru) di Lampung Selatan,  Minggu.
        
Presiden mengakui memang masih panjang sekali dan masih ada persoalan kecil seperti pembebasan lahan yang harus diselesaikan.
        
"Tadi saya tanyakan ke Gubernur Lampung apakah bisa diselesaikan untuk pembebasan lahan,  katanya Insya Allah bisa. Janji itu saya pegang dan saya tulis,  nanti kalau tidak selesai, saya cek,  kalau belum selesai,  tanggung jawabnya jelas ada pada siapa, Pak Gubernur, " kata Jokowi.
        
Hadir dalam acara itu antara lain Menteri BUMN Rini Soemarno,  Menteri PUPR Basuki Hadimuljono,  Gubernur BI Agus Martowardojo.
        
Jokowi menyebutkan hari Minggu ini seharusnya semua hadirin termasuk dirinya berlibur untuk istirahat.  "Tapi karena waktunya kita hitung  kemarin sampai Februari padat dan adanya memang hanya hari ini sehingga saya ke sini," katanya.
        
Presiden ingin Jalan Tol Trans- Sumatra ruas Bakauheni-Terbanggi Besar paket 1 (Bakauheni-Sidomulyo) dan paket 2 (Lematang-Kotabaru) segera dibuka.
        
Jokowi juga menyebutkan ada dua waduk besar di Lampung yang harus diselesaikan, salah satunya Waduk Way Sekampung.
        
"Proses pembangunan Waduk Way Sekampung sudah berjalan 15 persen, nanti yang kedua pada tahun ini juga akan dimulai, sudah ditender," katanya.
        
Presiden meninginkan sawah sawah di Lampung semuanya terairi secara kontinyu sepanjang tahun segingga kalau sekarang panen sekali bisa dua kalau atau yang dua kali bisa tiga kali.
        
Mengenai jalan tol,  presiden mengatakan jalan tol di Lampung Selatan itu merupakan salah satu proyek strategis nasional yang merupakan bagian Jalan Tol Trans Sumatera yang total panjangnya 140,9 km yang diperkirakan biayanya mencapai Rp16,8 triliun.
        
"Untuk tol Bakauheni sampai Terbanggi Besar saya rasa sudah di tikungan tinggal sedikit lagi akan bisa kita lihat dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Sumatera utamanya masyarakat Lampung," katanya.
        
Ia menyebutkan infrastruktur adalah hal yang sangat fundamental bagi Indonesia untuk dapat bersaing dengan negara lain sebab infrastruktur di Tanah Air masih kecil dibandingkan dengan negara negara tetangga.
         
"Kita masih jauh terrtinggal baik di urusan jalan,  pelabuhan, airport,  pembangkit listrik. Itulah kenapa ini menjadi fokus kita dalam pembangunan ya karena itu tadi,  sesuatu yang sangat fundamental sekali,  bagaimana sebuah prooduk bisa diangkut kalau jalannya tidak mendukung juga pelabuhan,  akan sulit kuta bersaing dengan negara
Kalau biaya logistik kita mahal bagaiaman harga produk kita, " katanya.
        
Presiden menyebutkan saat ini memang baru sedikit infrastruktur yang bisa diselesaikan tetapi ia meyakini nanti akhir tahun 2018 akan banyak sekali proyek proyek infrastruktur yang bisa diselesaikan dan dimanfaatkan.