Presiden Jokowi Kunjungi Lagi Lampung

id Jokowi ke Lampung Lagi, Jokowi ke Lampung, Tol Lampung, Peresmian Tol Sumatera, Presiden Jokowi, Jalan Tol Lampung

Presiden Jokowi (kanan) didampingi sejumlah pejabat termasuk Gubernur Lampung M Ridho Ficardo (ketiga dari kanan) saat kunjungan peninjauan Jalan Tol Trans Sumatera di Lampung beberapa waktu lalu. (FOTO: ANTARA Lampung/ist))

Bandarlampung (Antaranews Lampung) - Presiden Joko Widodo bertolak ke Provinsi Lampung, Minggu (21/1) pagi, untuk sejumlah agenda di daerah ujung selatan Pulau Sumatera ini.

Presiden Jokowi dan rombongan dengan menumpang Pesawat Kepresidenan RI lepas landas dari Pangkalan Udara TNI Angkatan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma Jakarta sekitar pukul 07.30 WIB.

Tampak mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan tersebut antara lain Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil, Kepala Kantor Staf KepresidenN Moeldoko, dan Staf Khusus Presiden Sukardi Rinakit.

Sebelumnya, Kabag Humas dan Komunikasi Publik Pemprov Lampung Heriyansyah menyebutkan Presiden Jokowi akan hadir ke Lampung antara lain dalam rangka peresmiaan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Bakauheni-Terbanggi Besar Seksi I dari Pelabuhan Bakauheni ke Simpang Susun Bakauheni dan Seksi V dari Lematang ke Kota Baru, Lampung Selatan.

Kedatangan Presiden Jokowi sudah diagendakan Minggu ini, dan pemerintah pusat telah menyebarkan undangan sesuai jadwal kunjungan pak Presiden besok," ujar Heriyansyah, di Bandarlampung, Sabtu (20/1).

"Pada prinsipnya kami selaku Pemerintah Provinsi Lampung yang mewakili pemerintah pusat siap menyambut kedatangan bapak Presiden Jokowi, dan Gubernur Lampung M Ridho Ficardo sangat mengharapkan kedatangan bapak Presiden, karena Jalan Tol Trans Sumatera sudah kami tunggu untuk diresmikan," katanya pula.

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo juga berharap kunjungan Presiden bisa meresmikan Bandara Radin Inten II menjadi bandara internasional.

Gubernur Ridho mengaku sangat mengharapkan bandara itu menjadi bandara internasional, sebab hingga saat ini SK untuk peningkatan status bandara tersebut belum juga keluar padahal lima menteri telah menyetujuinya.

Usai melaksanakan kunjungan di Provinsi Lampung, Presiden Jokowi dijadwalkan melanjutkan kegiatan ke Provinsi Sumatera Selatan.

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo menyatakan selama kepemimpinan Presiden Joko Widodo, Provinsi Lampung adalah salah satu provinsi yang paling sering dikunjungi antara lain karena terbangun sinergi pusat dan daerah ini.

Menurut Gubernur Ridho, berkaitan dengan kehadiran kembali Presiden Jokowi di Lampung, Minggu, hal tersebut tidak lain dikarenakan adanya upaya untuk membangun sinergitas yang baik antara Pemprov Lampung dengan Pemerintah Pusat.

Atas upaya itu, Gubernur Ridho yang menjadi gubernur termuda saat dilantik tersebut, mengaku banyak diamanatkan menyukseskan program nasional untuk kesejahteraan masyarakat Lampung.

Salah satu program pembangunan yang diamanatkan kepada Gubernur Ridho adalah pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Meskipun JTTS sepanjang 2.818 km tersebut membentang dari Lampung hingga Aceh, namun Presiden Jokowi melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking pada tanggal 30 April 2015 di Provinsi Lampung, tepatnya di Desa Sabah Balau, Kabupaten Lampung Selatan.

Gubernur M Ridho Ficardo manyatakan pula, dalam mendukung program pembangunan JTTS antara lain dengan membentuk Tim Percepatan Pembangunan JTTS yang bersinergi bersama Tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Pusat (TP4P), supaya pembangunan JTTS dapat diselesaikan sesuai dengan target yang ditentukan.

Guna menyukseskan pembangunan JTTS, Pemprov Lampung juga dengan sukarela melepas lima aset yang dimiliki berupa lahan sebagai bentuk konsekuen dan konsistensi dukungan terhadap pembangunan JTTS tersebut.

Dukungan tersebut, beserta seluruh elemen yang terlibat, sehingga menjadikan saat ini pembebasan lahan untuk JTTS ruas Lampung hanya tersisa delapan persen lagi.

Setelah beberapa kali dikabarkan akan datang ke Lampung untuk meresmikan JTTS, akhirnya Presiden Joko Widodo Minggu ini diagendakan meresmikan JTTS di Lampung. Adapun ruas yang akan diresmikan adalah ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar Seksi I dari Pelabuhan Bakauheni ke Simpang Susun Bakauheni dan Seksi V dari Lematang ke Kota Baru, Lampung Selatan.
Pewarta :
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar