Aguero cetak tiga gol City kembali ke jalur kemenangan

id sergio aguero, manchester city, liga inggris

Aguero cetak tiga gol City kembali ke jalur kemenangan

Penyerang Manchester City, Sergio Aguero, mencetak gol dari titik penalti ke gawang Newcastle United pada laga Liga Inggris di Stadion Etihad, Manchester, Sabtu (20/1/2018), (PAUL ELLIS/AFP)

Kami memerlukan sepuluh kemenangan lagi untuk menjadi juara, dan kami akan berusaha untuk mendapatkan lebih banyak poin, kata Pep Guardiola
London (Antaranews Lampung/Reuters) - Trigol Sergio Aguero memastikan Manchester City kembali ke jalur kemenangan di Liga Inggris setelah menang 3-1 atas Newcastle United di Stadion Etihad pada Sabtu.

Pemain internasional Argentina itu menanduk umpan silang Kevin De Bruyne pada menit ke-34, sebelum mengonversi penalti pada menit ke-63 untuk membawa City unggul.

Newcastle memperkecil ketertinggalan, melalui gol pertama Jacob Murphy untuk klubnya empat menit kemudian, sebelum kiper City Ederson nyaris membawa tim tamu menyamakan kedudukan namun mampu memulihkan keadaan untuk menggagalkan upaya Mohamed Diame.

Bagaimanapun, Leroy Sane memberi umpan kepada Aguero tujuh menit sebelum pertandingan usai untuk menjadi gol ketiganya dan City, ketika tim tuan rumah bangkit dari kekalahan di Liverpool untuk merestorasi keunggulan 12 poin di puncak klasemen setelah Manchester United sempat memangkasnya menjadi sembilan poin pada sore hari. Newcastle tetap di peringkat ke-15.

"Kami memerlukan sepuluh kemenangan lagi untuk menjadi juara, dan kami akan berusaha untuk mendapatkan lebih banyak poin," kata manajer City Pep Guardiola. "Merupakan hal penting bagaimana kami bereaksi pada kedudukan 2-1, kami tidak panik." David Silva kembali masuk skuad City, sedangkan cedera pemain di posisi bek kiri membuat Oleksandr Zinchenko diberikan kesempatan melakukan debut penuh di Liga Inggris. Bagaimanapun, kehadiran Silva tidak segera memberi dampak di mana City kesulitan menemukan irama apapun.

Raheem Sterling mencetak gol pada menit ke-18, namun tidak disahkan karena hakim garis telah mengangkat bendera pertanda offside.

Kemudian, tiba-tiba City membuka keunggulan. De Bruyne mendapat bola di sisi kiri dan mengirim umpan silang ke kotak penalti tim lawan, di mana Aguero mampu menyentuh bola untuk mengonversinya menjadi gol.

City terus menggempur sampai Sterling dilanggar oleh Javier Manquillo untuk mendapatkan hadiah penalti, yang dikonversi dengan baik oleh Aguero.

"Mereka adalah tim yang sangat bagus, reaksi mereka bagus. Penaltinya sedikit halus dan itu mengubah segalanya," kata manajer Newcastle Rafa Benitez.

Murphy kemudian berlari kencang sebelum menyelesaikan peluang untuk sedikit mengganggu City. Tidak lama kemudian, Ederson beruntung kesalahannya tidak dihukum oleh Diame saat ia gagal menangkap bola.

Newcastle terus menekan, namun mereka terjebak pada serangan balik ketika Sane dengan brilian menggiring bola menuju kotak penalti sebelum memberikan umpan silang kepada Aguero, untuk mengemas gol ke-22nya di musim ini di seluruh kompetisi.