Selat Taiwan adalah zona militer sensitif

id Kapal Induk China, Laut China Selatan, ketegangan China dan Taiwan, Tiongkok

Selat Taiwan adalah zona militer sensitif

Kapal induk China, Liaoning/file (AFP/Getty Images)

Taipei (Antara/Reuters) -  Meski banyak pesawat melintas dan kapal-kapal komersial melayarinya, Selat Taiwan merupakan zona militer sensitif.
        
Bulan ini Taiwan mengeluhkan peluncuran rute udara baru bagi penerbangan sipil oleh China yang mendekati dua kelompok pulau yang dikuasai Taiwan di lepas pantai China, dengan menyatakan hal itu mengancam keamanan regional dan keselamatan penerbangan.
        
Pemerintah China, Rabu, mengatakan tidak memerlukan izin Taiwan untuk membuka jalur baru penerbangan sebagaimana dikeluhkan Taipei.
        
Taiwan mengatakan bahwa pembukaan jalur M503 ke utara di Selat Taiwan dilakukan tanpa memberi tahu Taiwan, bertentangan dengan yang dikatakan pemerintah demokratis di Taipei dalam kesepakatan 2015, yang pertama kali membahas jalur penerbangan tersebut.
        
Ketika berbicara di jumpa pers berkala di Beijing, juru bicara kantor Urusan Taiwan China Ma Xiaoguang membantah melanggar kesepakatan 2015 dan mengatakan bahwa Taiwan telah diberitahu mengenai pembukaan rute tersebut.
        
"Tapi, ini tidak berarti bahwa pembukaan rute penerbangan butuh persetujuan Taiwan," kata Ma.
        
Tidak akan ada dampak pada keamanan penerbangan untuk Taiwan, Ma menambahkan, dan mengatakan bahwa rute tersebut diperlukan untuk mengurangi tekanan pada rute yang sibuk di China bagian tenggara antara Hongkong dan Shanghai.
        
Jalur tersebut disetujui Organisasi Penerbangan Sipil Internasional secara ilmiah dan profesional, katanya.
        
"Kita harus percaya pada sains, dan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional," katanya.
        
Taiwan harus memiliki pandangan yang benar mengenai masalah ini dan berhenti mencari peluang untuk membuat keributan, tambahnya.
        
China menganggap Taiwan sebagai bagian negaranya, dan menghentikan komunikasi resmi dengan pemerintah Taiwan setelah Tsai berkuasa pada 2016.

Penerjemah : M Anthoni