Harga beras premium di Tulangbawang Barat dijual Rp14.000/Kg

id beras di tubaba rp14.000/kg, harga beras di tubaba alami kenaikan

Foto: Pedagang beras/Ilustrasi

Kenaikan harga ini cukup memberatkan kami selaku masyarakat kecil, kami mohon pemerintah bisa mengupayakan operasi pasar agar harga beras bisa turun," kata Bowo
Tulangbawang Barat, Lampung (Antaranews Lampung) - Harga beras di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) sejak awal terus mengalami kenaikan, beras kualitas baik naik dari Rp11.000 saat ini dijual Rp14.000/kg.

"Kondisi ini sudah biasa terjadi setiap awal tahun," kata Yudi, salah satu penjual beras di Pasar Pulung Kencana, Tubaba, Kamis (11/1).

Kenaikan harga beras, katanya, antara lain dikarenakan stok beras yang mulai berkurang, diperkirakannya harga akan turun ketika memasuki musim panen raya pada April mendatang. Pengaruh panen raya terhadap harga beras diakuinya cukup siginifikan.

"Untuk beras premium saja satu kilogramnya sekarang mencapai Rp14.000 dari sebelumnya Rp11.000, Sementara yang kualitas sedang Rp13.000/kg," jelasnya.

Untuk harga beras paling murah sekarang mencapai Rp10.000/kg, padahal jika harga beras normal harga sebesar itu sudah bisa mendapatkan satu kilogram beras kualitas sedang.

Menurut Yudi, kenaikan harga beras belakangan ini juga dipengaruhi oleh faktor cuaca, hal ini yang menyebabkan stok beras pun akhirnya terbatas.

Sementara Bowo (32), salah satu warga Pulung Kencana berharap pemerintah dapat mengambil tindakan seperti operasi pasar untuk menekan kenaikan harga beras tersebut.

"Kenaikan harga ini cukup memberatkan kami selaku masyarakat kecil, kami mohon pemerintah bisa mengupayakan operasi pasar agar harga beras bisa turun," kata Bowo.
Pewarta :
Editor: Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar