Beras medium di Lampung Timur dijual Rp11.000/kg

id harga beras medium di lampung timur, harga beras medium naik

Foto: Ilustrasi pedagang beras/Ist

Di pabrik penggilangan sudah sulit ditemukan pasokan beras dan dari pedagang besar juga stoknya sedikit, jadi harga beras naik, katanya
Lampung Timur  (Antaranews Lampung) - Harga kebutuhan pokok masyarakat terutama beras di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung, mengalami kenaikan, harga beras medium kini dijual Rp11.000 hingga Rp12.000/kg.

Sayem, seorang pedagang beras eceran di pasar tradisional Desa Margasari Kabupaten Lampung Timur, Selasa menyebutkan harga beras kelas medium mengalami kenaikan sejak tahun baru 2018.

Dikatakannya penyebap kenaikan harga beras adalah karena berkurangnya pasokan dari pedagang beras besar.

"Di pabrik penggilangan sudah sulit ditemukan pasokan beras dan dari pedagang besar juga stoknya sedikit, jadi harga beras naik," katanya.

Dia menyebutkan harga beras kelas medium jenis IR-64 dijual Rp11.000/kg, dari sebelumnya Rp9.500/kg," kata Sayem.

Ponikem, seorang pedagang beras eceran lainya membenarkan adanya kenaikan harga beras di daerahnya akibat sedikitnya pasokan beras ke pedagang.

Supriyati, ibu rumah tangga menyebutkan harga beras yang dibelinya dari pedagang beras saat ini Rp12.000/kg.  "Baru beli beberapa hari ini harganya Rp12 ribu perkilo," katanya.

Warga di Kabupaten Lampung Timur berharap kenaikan harga beras tidak berlangsung lama dan pemerintah diminta turun tangan sehingga harga beras kembali normal seperti biasanya.

Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan telah menetapkan harga eceran tertinggi (HET) untuk beras medium dan beras premium yang berlaku untuk pasar rakyat dan toko modern.

Di wilayah Jawa, Lampung, Sumatera Selatan, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi, HET beras medium ditetapkan sebesar Rp9.450 perkilogram dan beras premium sebesar Rp12.800 perkilogram.

Pewarta :
Editor: Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar