Tertinggal 16 poin, Real butuh keajaiban untuk juara

id Liga Spanyol, Real Madrid mustahil juara

Tertinggal 16 poin, Real butuh keajaiban untuk juara

Garet Bale bermain cemerlan dengan mencetak dua gol (Reuters/Marcelo Del Pozo)

Barcelona (Antara/Reuters) - Menjauhnya Real Madrid dari keberhasilan mempertahankan gelar berlanjut ketika mereka ditahan imbang 2-2 di markas Celta Vigo pada Minggu, yang membuat mereka kini tertinggal 16 poin dari pemuncak klasemen Barcelona, yang menang 3-0 atas Levante untuk unggul sembilan poin di puncak klasemen Liga Spanyol.
        
Real terlihat menuju kekalahan kedua di liga secara beruntun setelah mereka secara memalukan kalah 0-3 dari Barca pada pertandingan terakhirnya, ketika Daniel Wass mencungkil bola lambung melewati Keylor Navas untuk membawa Celta memimpin pada menit ke-33.
        
Gareth Bale segera meresponsnya dengan mengemas dua gol dalam rentang waktu tiga menit untuk membawa sang juara bertahan memimpin sebelum turun minum, namun Celta mampu menekan pasukan Zinedine Zidane, dengan Iago Aspas yang menyia-nyiakan peluang dari eksekusi penalti sebelum Maxi Gomez menyamakan kedudukan dengan sundulan kepala pada menit ke-82.
     
Aspas gagal mendapatkan penalti lain pada fase akhir pertandingan sedangkan di sisi lain pemain Real Lucas Vazques menyia-nyiakan peluang bagus untuk mengemas gol penentu kemenangan, menembakkan bola lurus ke kiper Celta Ruben Blanco.
        
Real tetap berada di peringkat keempat klasemen dengan 32 poin, sedangkan Barca memiliki 48 poin meski mereka telah memainkan satu pertandingan lebih banyak.
        
Keunggulan poin Barcelona atas pesaing terdekatnya Atletico Madrid sempat berkurang menjadi enam poin pada Sabtu, namun mereka mampu merestorasi celah itu menjadi sembilan poin setelah Lionel Messi, Luis Suarez, dan Paulinho mencetak gol saat tim Katalan itu mengalahkan Levante.  
   
Messi kembali ke tim inti setelah absen ketika mereka bermain imbang di pertandingan Piala Liga melawan Celta Vigo pada Kamis, dan menandai laga ke-400nya di Liga Spanyol dengan mengemas gol pembukaan pada menit ke-12, meneruskan sundulan Jordi Alba dengan sepakan voli untuk masuk ke gawang.
        
Suarez mengemas gol kelimanya dari empat pertandingan dengan mengendalikan bola umpan silang dari Sergi Roberto, dan melesakkan bola ke bagian atas gawang pada menit ke-38.
        
Barca bermain lebih santai setelah turun minum namun pemain internasional Brazil Paulinho menambah keunggulan timnya dengan menyambar bola ketika pertandingan hampir usai, mencetak gol ketujuhnya di Liga Spanyol, yang membuat dirinya menjadi gelandang tersubur di kompetisi tertinggi Spanyol.  
   
"Kami ingin melanjutkan laju kemenangan kami dan meski kami merupakan tim favorit, kami tahu Levante merupakan yang kuat yang tidak pernah kalah di kandang sendiri di liga sejak September," kata pelatih Barca Ernesto Valverde.  
   
"Kami sangat bagus pada babak pertama namun kecepatan berubah pada babak kedua dan Levante semestinya mencetak gol."
   
Setelah pertandingan, pemain terbaru Barca Philippe Coutinho terlihat di Nou Camp untuk berpose bagi para fotografer setelah menyelesaikan kepindahannya senilai 142 juta pound dari Liverpool ke Barca.