Tali Asih Buat 118 Atlet Lampung

id margono tamuji, sekum koni provinsi lampung

 Tali Asih Buat 118 Atlet Lampung

Sekretaris Umum KONI Lampung Margono Tarmudji. (FOTO: ANTARA Lampung/Ist)

Pemberian tali asih merupakan program tahunan KONI, yang dilakukan setiap akhir tahun. Tali asih atau penghargaan berupa uang pembinaan, untuk atlet peraih medali emas, perak dan perunggu, kata Margono
Bandarlampung (Antaranews Lampung) - Sebanyak 118 atlat dari 12 cabang olahraga akan mendapatkan uang tali asih dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Lampung.

"Pemberian uang tali asih itu pada Sabtu (30/12) di Hall C PKOR Way Halim Bandarlampung," kata Sekretaris Umum KONI Lampung Margono Tarmudji, di Bandarlampung, Jumat.

Ia menyebutkan, pemberian tali asih kepada 118 atlet berprestasi Lampung tahun 2017, merupakan salah satu program tahunan KONI Lampung sebagai bentuk dari kepedulian atau penghargaan terhadap para atlet daerah yang berprestasi, baik di tingkat nasional muapun internasional.

"Pemberian tali asih merupakan program tahunan KONI, yang dilakukan setiap akhir tahun. Tali asih atau penghargaan berupa uang pembinaan, untuk atlet peraih medali emas, perak dan perunggu," kata Margono.

Tali asih atau penghargaan terhadap atlet Lampung berprestasi di tahun 2017 itu, sesuai dengan Surat Keputusan Ketua Umum KONI Provinsi Lampung Nomor 34 Tahun 2017 tentang Penetapan Besaran Biaya Tali Asih atau Penghargaan Kepada Atlet dan Pelatih Cabang Olahraga Berprestasi Peraih Medali pada Kejuaraan Nasional dan Internasional Tahun 2017.

Selain itu, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional, yang mewajibkan setiap penyelenggaraan kejuaraan olahraga memperhatikan tujuan keolahragaan serta prinsip-prinsip penyelenggaraan olahraga.

Margono mengaskan bahwa penerima tali asih adalah atlet asli Lampung atau binaan Lampung yang mengikuti kejuaraan di tingkat nasional maupun internasional, dengan membawa nama daerah maupun negara. Mereka adalah peraih medali baik medali emas, perak dan perunggu.

"Pada 2017 ini sebanyak 118 atlet Lampung terdiri atas 64 atlet putra dan 53 atlet putri dari 12 cabang olahraga. Mereka berhasil meraih medali yaitu emas, perak maupun perunggu, di beberapa kejuaraan nasional maupun internasional seperti kejurnas, kejuaraan Asean, Asia dan pelajar Asia," katanya.

Jumlah medali emas sebanyak 94, perak 64 dan perunggu 57 dengan total medali 215 keping. Adapun ke-12 cabang olahraga yang dimaksud adalah atletik, judo, kempo, pencak silat, panahan, renang, karate, sofbol, senam, taekwondo, tinju, angkat besi dan angkat berat.