Marcus/Kevin Pastikan Dua Indonesia di Semifinal Dubai

id markus kevin semifinal dubai, marcus-kevin

Marcus/Kevin Pastikan Dua Indonesia di Semifinal Dubai

Pasangan ganda putra Indonesia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo atau Marcus/Kevin/ pada pertandingan pertama WBF Dubai Superseries Final 2017 (badmintonindonesia.org)

...Di laga tadi, kami bermain nothing to lose, karena kami sudah tahu tetap ada peluang ke semifinal. Jadi, kami mencoba untuk menikmati pertandingan saja, kata Kevin...
Jakarta (ANTARA LAMPUNG) - Pasangan ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo memastikan Indonesia memiliki dua wakil di semifinal turnamen bulu tangkis World Super Series Finals 2017 Dubai setelah pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir memastikan langkahnya terlebih dahulu.

Berdasarkan laman resmi Federasi Bulu Tagkis Dunia (BWF) yang dipantau di Jakarta, Jumat, Marcus/Kevin memastikan hal tersebut setelah dalam laga terakhir di penyisihan Grup A. Mereka mengantongi kemenangan kedua di fase ini dengan menaklukkan Li Junhui/Liu Yuchen (China) 19-21, 21-16, 21-18.

Kekalahan Mads Conrad Petersen/Mads Pieler Kolding (Denmark) atas Takeshi Kamura/Keigo Sonoda (Jepang) juga memudahkan langkah Kevin/Marcus menuju tempat di semifinal karena secara perhitungan selisih poin, Kevin/Marcus lebih unggul dari pesaing-pesaingnya di Grup A.

"Di laga tadi, kami bermain nothing to lose, karena kami sudah tahu tetap ada peluang ke semifinal. Jadi, kami mencoba untuk menikmati pertandingan saja," kata Kevin dalam pernyhataan resmi PP PBSI.

Meskipun menjadi favorit di turnamen ini, langkah Marcus/Kevin ke semifinal tidaklah mulus. Keduanya sempat kalah dua gim langsung atas Kamura/Sonoda dengan skor 17-21, 17-21.

Penampilan mereka memang dipengaruhi oleh kondisi Marcus yang tidak 100 persen fit. Marcus sempat menerima perawatan karena otot lehernya tertarik ketika menjalani sesi latihan pada hari pertama di Dubai.

"Kondisi saya memang tidak 100 persen, tentu saja rasanya berbeda di lapangan. Dari tekanan pukulannya beda. Mau mematikan bola enggak seperti biasanya, 'kan biasanya lebih cepat mematikan lawan, tetapi sekarang harus mengolah dahulu, lebih lama dan perlu usaha lebih. Tidak apa-apa, saya tetap akan usaha terus," ujar Marcus.

Marcus/Kevin dalam pertandingan itu tampil dengan jersey berwarna kuning yang menjadi ciri khas mereka. Keduanya sering memakai jersey kuning ini di laga penentuan seperti laga final yang sering mereka menangi.

Dua dari tiga laga yang mereka menangi di penyisihan ini pun secara kebetulan diraih saat mereka menggunakan jersey berwarna kuning.

Namun, mereka menyangkal ketika ditanya apakah jersey kuning ini merupakan jersey pembawa keberuntungan bagi pasangan ini.

"Ha-ha-ha, bukan kok. Memang kami sudah tidak punya jersey lagi, sudah habis, belum dicuci," ucap Marcus sambil tertawa.

Di putaran semifinal nantinya, Marcus/Kevin yang menjadi runner-up Grup A akan menghadapi juara Grup A atau juara Grup B, tergantung pada hasil undian yang akan berlangsung usai pertandingan terakhir hari ini. Kevin/Marcus bisa saja bertemu kembali dengan Kamura/Sonoda, atau dengan juara Grup B, Liu Cheng/Zhang Nan (Tiongkok).

Adapun hasil akhir klasemen ganda putra di laga penyisihan grup BWF Dubai World Super Series Finals 2017 adalah: Grup A 1. Takeshi Kamura/Keigo Sonoda (Jepang) 2. Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (Indonesia) 3. Mads Conrad Petersen/Mads Pieler Kolding (Denmark) 4. Li Junhui/Liu Yuchen (Tiongkok) Grup B 1. Liu Cheng/Zhang Nan (Tiongkok) 2. Mathias Boe/Carsten Mogensen (Denmark) 3. Lee Jhe Huei/Lee Yang (Taiwan) 4. Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang)


(ANTARA)