Tantowi/Liliyana Pastikan Langkah ke Semifinal di Dubai

id owi-butet

Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir. ((ANTARA FOTO/REUTERS/Russell Cheyne)

Jakarta (ANTARA LAMPUNG) - Pasangan ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir memastikan langkah ke putaran semifinal turnamen bulu tangkis Super Series Final 2017 di Dubai, Uni Emirat Arab, setelah dalam pertandingan keduanya, Kamis, memperoleh hasil positif.

Dalam pertarungan kedua Tontowi/Liliyana yang dilaksanakan di Hamdan Sports Complex, Dubai, pasangan Indonesia ini sukses menyudahi perlawanan wakil Malaysia Tan Kian Meng/Lai Pei Jing dalam pertarungan ketat dua gim selama 50 menit berkesudahan 21-17, 21-19.

Laman Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) mencatat, dengan hasil yang diperoleh Tontowi/Liliyana ini, pasangan Indonesia tersebut berhak menduduki peringkat kedua di tabel klasemen setelah membukukan dua kemenangan dengan poin (102-89), di bawah duet China Wang Yilyu/Huang Dongping yang juga mendapatkan dua kemenangan dengan poin (84-54).

Adapun dalam pertandingan kedua Tontowi/Liliyana, kejar-mengejar angka antara pasangan Indonesia ini dengan duet Malaysia, terjadi sejak gim pertama dimulai dengan diwarnai beberapa kali hasil imbang 2-2, 3-3, 4-4 dan 6-6.

Saat poin kembali imbang 7-7, Tontowi/Liliyana mampu kembali tancap gas dengan mencetak tiga poin beruntun yang hanya mampu dibalas dua poin oleh Tan/Lai menjadikan skor hanya berjarak satu angka 10-9.

Akan tetapi, defisit satu angka tersebut hanya satu-satunya di sisa pertandingan ini, karena pasangan Indonesia seperti mendapatkan kembali gaya permainannya dan tidak mampu lagi disamakan pasangan Malaysia hingga akhir gim pertama selain hanya dengan jarak dua poin.

Kalah di gim pertama, membuat Tan/Lai meningkatkan serangannya yang akhirnya membuat permainan kembali berlangsung dengan skor ketat.

Tontowi/Liliyana akhirnya mampu menyusul poin duet Malaysia ketika tertinggal 5-6 dengan mencetak tiga poin beruntun tanpa balas bahkan terus memimpin hingga kedudukan 10-7.

Akan tetapi, duet Indonesia kembali tertahan di momen ini dan raihan poinnya mampu disalip duet Negeri Jiran yang mencetak empat angka beruntun untuk menjadikan kedudukan 11-10 bagi Tan/Lai.

Angin segar kembali berhembus kepada pasagan Indonesia yang kembali mendominasi walau duet Malaysia terus menjaga jarak bahkan mampu menyamakan kedudukan 17-17 sebelum Tontowi/Liliyana kembali menguasai permainan walau ditempel ketat Tan/Lai 19-18, 20-19.

Akhirnya, kemenangan pasangan Indonesia datang setelah antisipasi smash keras Tontowi oleh Tan terlalu melebar ke sisi kanan permainan pasangan Indonesia.

Di pertandingan terakhir babak penyisihan grup, Tontowi/Liliyana yang kini menduduki peringkat tiga dunia akan menjajal pasangan peringkat empat asal China Huang Dongping/Wang Yilyu.

Rekor pertarungan kedua pasangan saat ini sama kuat 1-1. Sementara duet China memperoleh kemenangan di Denmark Terbuka 2016, pasangan Indonesia membukukan kemenangan di Kejuaraan Dunia 2017.
 
(ANTARA)
Pewarta :
Editor: Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar