Prodi Teknik Sipil UBL Raih Akreditasi A

id kampus ubl

Prodi Teknik Sipil UBL Raih Akreditasi A

Kampus Universitas Bandar Lampung (UBL) (ist)

...Pencapaian ini adalah hasil dari semua komponen yang bersinergi dengan baik, mulai dari prodi, dosen, mahasiswa dan alumni, kata Nurhasanah...
Bandarlampung (ANTARA LAMPUNG) - Program Studi (Prodi) Teknik Sipil Universitas Bandarlampung (UBL) meraih akreditasi A berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

"SK BAN-PT No. 4303/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2017 menyatakan bahwa Program Studi Teknik Sipil UBL ditetapkan akreditasi A. Pencapaian ini adalah hasil dari semua komponen yang bersinergi dengan baik, mulai dari prodi, dosen, mahasiswa dan alumni," kata Dr Any Nurhasanah ST MT selaku Ketua Prodi Teknik Sipil UBL, di Bandarlampung, Kamis.

Dr Any mengatakan bahwa pencapaian itu tak juga terlepas dari metode pembelajaran dengan sarana dan prasarana yang baik. "Seperti kelas yang nyaman mendukung, laboratorium yang sudah terakreditasi dan menjadi referensi banyak pihak untuk bidang keteknikan, serta suasana belajar mengajar yang kondusif tentu mempengaruhi kualitas hasil pembelajaran," ujarnya lagi.

Kepala Prodi Teknik Sipil UBL itu menambahkan bahwa pihaknya sering menghadirkan tokoh-tokoh atau pakar-pakar pada kuliah umum juga mempengaruhi semangat perkembangan pengetahuan para mahasiswa. "Seringkali kami menghadirkan para pakar teknik sipil dari kampus-kampus besar lokal dan internasional, lembaga konsultan serta lembaga pemerintah guna menambah pengetahuan para mahasiswa," katanya pula.

Selain itu, Ir Juniardi MT sebagai Dekan Fakultas Teknik UBL mengatakan bahwa pencapaian itu merupakan hasil kerja keras seluruh komponen pada Prodi Teknik Sipil UBL. "Selain dosen, kiprah alumni juga begitu baik karena sebagian besar mereka terserap di dunia kerja dengan cepat menunjukkan kualitas yang baik juga, seperti bekerja di bidang pemerintahan atau Dinas PU, menjadi kontraktor, konsultan dan masih banyak lagi," ujar dia.

Dekan Fakultas Teknik UBL itu menambahkan terkait kiprah mahasiswa khususnya pada Prodi Teknik Sipil sudah sering mendapat penghargaan. "Yang terbaru ini kiprah mereka terlihat dari berhasil ikut lomba bergengsi di tingkat nasional seperti lomba LKTI Civil in Action 2015 dan 2016 yang diselenggarakan UGM serta berhasil masuk grandfinal, ada juga lomba LKTI di Civil Week yang diselenggarakan UNS juga berhasil masuk grandfinal tahun 2015, dan menjadi juara III lomba pengelolaan air bersih tingkat nasional di Untar Jakarta tahun 2016," kata Juniardi.

Wakil Rektor Bidang Akademik UBL Dr Ir Hery Riyanto MT mengaku turut berbangga atas capaian pada Prodi Teknik Sipil UBL. "Ini adalah hasil kerja keras seluruh komponen dari kiprah mahasiswa serta kinerja dosen dalam penelitian dan pengabdian masyarakat yang sudah tidak diragukan lagi," ujarnya lagi.

Hery juga menambahkan bahwa UBL merupakan perguruan tinggi swasta ke-11 di Indonesia dengan Prodi Teknik Sipilnya meraih akreditasi A, dan merupakan satu-satunya Prodi Teknik Sipil di luar Pulau Jawa yang mendapatkan Akreditasi A.

"Tak lepas juga dari kiprah dosen Teknik Sipil UBL di dunia jasa konstruksi di Lampung dan nasional, baik keterlibatan pembangunan, asosiasi jasa konstruksi, dan laboratorium," ujarnya lagi.

(ANTARA)