Presiden Imbau Masyarakat Hati-hati Terkait Ekstrimnya Cuaca

id Presiden Joko Widodo, cuaca ekstrem

Presiden Imbau Masyarakat Hati-hati Terkait Ekstrimnya Cuaca

Presiden Joko Widodo (FOTO: ANTARA)

...Saya mengimbau kepada masyarakat ini memang cuacanya sangat ekstrim. Jadi agar berhati-hati, kata Presiden...
Jakarta (ANTARA LAMPUNG) - Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat agar berhati-hati dalam beraktivitas mengingat ekstrimnya cuaca dalam beberapa waktu terakhir.

"Saya mengimbau kepada masyarakat ini memang cuacanya sangat ekstrim. Jadi agar berhati-hati," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada media di Gelanggang Renang Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu.

Ia meminta masyarakat agar terus meningkatkan kewaspadaan.

Terlebih karena dalam beberapa saat terakhir banyak terjadi hujan lebat yang kerap kali disertai angin kencang juga gelombang yang tinggi di laut.

"Tingkatkan terus kewaspadaan karena cuacanya memang, sekali lagi, cuacanya ekstrim. Hujan lebat, angin kencang juga ada gelombang yang tinggi. Semuanya hati-hati," katanya.

Presiden sudah memerintahkan jajarannya khususnya Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), TNI, Polri, Basarnas, kementerian/lembaga terkait, hingga pemda.

"Saya sudah perintahkan kepada BNPB, TNI, Polri, Basarnas, kementerian yang terkait, Pemda, semuanya untuk waspada dan membantu masyarakat apabila ada bencana secepat-cepatnya dan kita harus antisipasi dampak cuaca ekstrim ini, terutama pada produksi pangan," katanya.

Meskipun, kata dia, sampai sekarang belum ada masalah pada gangguan pasokan produksi pangan namun hal itu harus tetap diantisipasi.

"Ini ini masih bulan Desember. Nanti masih ada bulan Januari," katanya.

Presiden menggarisbawahi pentingnya untuk menjaga jalur-jalur logistik agar tidak terputus akibat bencana.

"Dan juga terutama jalur-jalur logistik jangan sampai putus karena adanya bencana. Ini juga harus betul-betul diantisipasi dan diwaspadai," katanya.