Naufal Sabet Emas 800 Meter Gaya Bebas

id cabor renang porprov 2017

Naufal Sabet Emas 800 Meter Gaya Bebas

Cabang olahraga renang Pekan Olaraga provinsi (Poeprov) tahun 2017 (foto: istimewa)

Bandarlampung  (ANTARA LAMPUNG) - Naufal Rizky Ilhami atlet renang Kota Bandarlampung berhasil menyabet medali emas cabang olahraga renang 800 gaya bebas pada Pekan Olaharaga Provinsi Lampung VIII/2017.

Pada pertandingan cabor renang di Kolam Renang Pahoman Bandarlampung, Jumat, atlet Bandarlampung lainnya, yakni Joshua Glen Agisha dan M Vidhi Wardana juga meraih medali perak dan perunggu.

Naufal mencatat waktu 09:52:09 menit, sedangkan kompatriotnya yang sama-sama berasal dari Bandarlampung, yakni Joshua Glen Agisha (11:17:41), M Vidi Wardhana (11:24:80).

Pada bagian putri kelas 800 meter putri medali emas direbut Ajeng Gustiara Salsabila asal Lampung Utara (11:56:75 menit), medali perak oleh Najah Kafka Navisa (Bandarlampung/12:05:16), dan medali perunggu direbut Happy Tamara (Lampung Tengah/12:24:43).

Cabang olahraga (cabor) renang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII mempertandingkan 40 nomor yang dibagi 20 nomor untuk putra, dan 20 nomor untuk putri.

Technical delegate cabor renang Porprov VIII Lampung Umar Wardoyo mengatakan, total atlet yang akan bertanding 104 yang terdiri atas 58 putra dan 46 putri ditambah 30 official dari 10 kabupaten/kota.

Kota Metro menjadi daerah terbanyak mengirimkan atletnya yakni 23 atlet, disusul Bandarlampung sebanyak 20 atlet.

"Dari keabsahan pertandingan seluruh atlet berasal dari Provinsi Lampung, tidak ada atlet yang bertanding dari luar Lampung," jelasnya.

Umar melanjutkan, menariknya pada Porprov tahun ini akan ada beberapa atlet senior renang asal Lampung ikut turut bertanding. Seperti Ajeng Perwito Sari, ?Ridho Heramatja dan atlet PON 2016 seperti Halimatus Sa`diyah, Jodi dan Yoga Luis Sagita.

"Selain Ajeng yang meraih medali emas pada ?Porwil 2015 lalu, ada tiga atlet PON (pekan olahraga nasional) Tahun 2016 lalu yang ikut ambil bagian pada porprov kali ini," terangnya.

Kesempatan perdana cabang olahraga renang ikut serta dalam ajang Porprov tahun ini, kata dia, tentunya menjadi pengalaman untuk para atlet renang Lampung bertanding sebagai event bergengsi dengan standar pertandingan renang kelas nasional.

Ketua Pengprov PRSI Lampung Ade Utami Ibnu mengatakan, hal ini juga merupakan langkah awal pemetaan potensi atlet renang Lampung untuk dapat maju ke ajang kompetisi nasional berikutnya, seperti Porwil, Popnas dan PON 2020.

"Tentunya bagi atlet yang baru ikut dalam pertandingan Porprov menjadi ajang kompetisi yang bergengsi, maka pentingnya untuk seluruh pelatih dan offical dapat memotivasi para atletnya untuk bertanding dengan performance terbaik," ujarnya.

Khusus untuk para atlet yang berprestasi di ajang Porprov VIII akan ada reward apresiasi yang disediakan Pengprov PRSI.

(ANTARA)