Pemprov Lampung Bantu 1.600 Perawat

id wagub bachtiar dan karkesnas

Pemprov Lampung Bantu 1.600 Perawat

Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri memberikan penghargaan kepada tenaga medis dan paramedis teladan pada puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-53 Tingkat Provinsi Lampung, di Bandarlampung, Senin (27/11) (foto: istimewa)

...Semua yang terlibat di bidang kesehatan harus terus memperhatikan kesehatan, bukan hanya pemerintah, kata Bachtiar...
Bandarlampung  (ANTARA LAMPUNG) -Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Kesehatan memberikan bantuan kepada 1.600 perawat sukarela dan menyerahkan 85 sertifikat akreditasi Puskesmas se-Provinsi Lampung.

"Momentum paling baik adalah ketika kita sadar masalah kesehatan adalah urusan wajib. Pemerintah tidak akan ada apa-apanya bila urusan kesehatan menurun," kata Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri pada puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 tingkat Provinsi Lampung di Bandarlampung, Senin (27/11).

Karena itu, dia meminta dan mengajak seluruh jajaran kesehatan dan pemangku kepentingan agar sadar, peduli dan meningkatkan sektor kesehatan.

Wagub Lampung menjelaskan dalam dua tahun terakhir, Pemprov Lampung terus meningkatkan urusan kesehatan.

Pemprov memiliki Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) berakreditasi paripurna dan Rumah Sakit Bandar Negara Husada yang baru diresmikan.

"Artinya selama kita memiliki keinginan dan upaya meningkatkan kesehatan, maka semuanya bisa dilakukan," jelasnya.

Pada momentum ini, Wagub Bachtiar berharap semua pelaku bidang kesehatan mampu meningkatkan fasilitas dan memperhatikan pelayanan kesehatan.

"Semua yang terlibat di bidang kesehatan harus terus memperhatikan kesehatan, bukan hanya pemerintah, namun seluruh elemen masyarakat harus memperhatikan hal ini. Semua yang berkaitan dengan kesehatan adalah urusan bersama," katanya.

Pada peringatan HKN ke-53, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana, menjelaskan beberapa kegiatan seperti senam massal Germas, bakti sosial, seminar kesehatan, lomba olah raga rakyat dan pemberian penghargaan kepada tenaga kesehatan teladan Provinsi Lampung, digelar.

Menurut dia, program prioritas bidang kesehatan yang sedang berjalan, antara lain penyediaan dan pemberikan obat pelayanan kesehatan dasar, obat program, dan perbekalan kesehatan sebagai buffer stock.

Kemudian, menyediakan makanan pendamping air susu ibu bagi bayi, anak balita dan pemberian makanan tambahan ibu hamil kurang energi kronik, serta bantuan tripod untuk posyandu di 15 kabupaten/kota.

Selain itu, memberikan bantuan alat deteksi penyakit tidak menular dan alat penyimpan vaksin, operasional rumah sakit keliling, operasional pelayanan RSUD BNH Jati Agung, bantuan kalibrasi alat kesehatan rumah sakit dan puskesmas, pengadaan logistik program, vaksin dan insektisida.

Selanjutnya, pemicuan sanitasi total berbasis masyarakat, penyuluhan kesehatan reproduksi remaja, renovasi gedung balai laboratorium kesehatan Provinsi Lampung dan insentif bagi 1.600 perawat tenaga kerja sukarela se-Provinsi Lampung.

Rangkaian HKN-53 juga diisi pemberian penghargaan kepada tenaga medis dan paramedis


(ANTARA).