Anak- Menantu Presiden Ikut Menari Tortor

id Pernikahan Putri Presiden Jokowi

Menantu Presiden Joko Widodo, Selvi Ananda, menari tor-tor bersama dengan keluarga Siregar dalam acara adat "Mangaloalo Mora Di Balakka Sitolu Tolu" di kediaman iparnya, Bobby Afif Nasution pada Jumat (24/11) (Desca Lidya Natalia)

Dengan menerima marga Siregar, Kahiyang memiliki posisi, hak, dan tanggung jawab tersendiri dalam suku Mandailing
Medan (ANTARA Lampung) - Putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabumin dan istrinya Selvi Ananda ikut menari Tortor saat mengikuti rangkaian acara pesta adat Kahiyang Ayu dan Bobby Afif Nasution.
       
Gibran dan Selvi tampak mengenakan ulos dan menari Tortor sesuai dengan giliran mereka dalam upacara adat yang disebut  Mangaloalo Mora Di Balakka Sitolu Toli di Medan, Sumatera Utara, Jumat.
         
Anak mereka Jan Ethes Srinarendra tampak di depan barisan bergoyang mengikuti irama "gondang".
       
Rangkaian acara adat kembali digelar di kediaman Bobby di  Perumahan Bukit Hijau Regensi, Taman Setia Budi, Asam Kumbang, Medan, Sumatera Utara, pada pukul 09.00 sampai sekitar 12.00 WIB.
       
Dalam acara ini, Kahiyang dan Bobby menyaksikan keluarga besar keduanya menari Tortor dari pelaminan yang dihiasi ornamen khas Mandailing, Sumatera Utara.
       
Setelah shalat Jumat, acara adat dilanjutkan dengan Marlongit. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan Sidang Adat Maralok Alok pada sore hingga pukul 20.00 WIB. Acara adat hari ini diakhiri dengan Margalanggang pada pukul 20.00 WIB hingga selesai.
       
Kahiyang Ayu, putri Presiden Joko Widodo yang menikah dengan Bobby Afif Nasution resmi menyandang marga Siregar setelah melakukan upacara "mangalehon marga" (penganugerahaan marga) pada Selasa (21/11) di Medan.
       
Namun Kahiyang baru diberikan marga Siregar, tetapi belum mendapatkan gelar adat. Gelar adat tersebut akan diterima Kahiyang dalam upcara adat di Tapian Raya pada Sabtu (25/11) dengan menaiki "Nacar" berupa pentas dengan tujuh tangga.
       
Dengan menerima marga Siregar, Kahiyang memiliki posisi, hak, dan tanggung jawab tersendiri dalam suku Mandailing sebagai "mora" bagi keluarga suaminya.
       
Pada Minggu (26/11) akan ada kirab lengkap dengan kereta kencana yang akan dinaiki Kahiyang dan Bobby serta kedua keluarga.
       
Selain kereta kencana dan kuda, dalam kirab tersebut juga ada sejumlah becak bermotor, alat musik tradisional, serta musik tradisional Mandailing "Gordang Sambilan" yang ikut mengiring.

ANTARA


 



Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar